Begini Awal Mula Perkenalan Rosmawaty dengan Hotma Sitompul

Hanif Hawari - detikHot
Jumat, 28 Mei 2021 19:04 WIB
Rosmawaty Ginting
Begini Awal Mula Perkenalan Rosmawaty dengan Hotma Sitompul. (Foto: InsertLive)
Jakarta -

Seorang perempuan bernama Rosmawaty mengaku pernah menikah dengan Hotma Sitompul. Ia mengaku adalah istri pertama yang dinikahi pengacara kondang itu sebelum terkenal seperti sekarang ini. Begini awal mula perkenalan mereka.

Rosmawaty mengenal Hotma Sitompul ketika mengemban pendidikan di Universitas Kristen Indonesia (UKI). Mereka satu kampus pada saat itu.

"Satu kampus di UKI," kata Rosmawaty saat ditemui di kawasan Jatinegara, Jakarta Timur.

Waktu pun berjalan, Hotma Sitompul dan Rosmawaty akhirnya memutuskan untuk menikah pada tahun 1975. Namun pernikahan itu ditentang oleh keluarga Rosmawaty.

"Saya ingin menjelaskan dan atau meluruskan tentang status hukum perkawinan dari Hotma Sitompul yang sah secara hukum. Bahwa saya telah melangsungkan perkawinan yang sah dengan Hotma Sitompul di Jakarta pada 22 September 1975," tutur Rosmawaty.

"Keluarga saya nggak setuju," lanjut Rosmawaty.

Pernikahan pun tetap berjalan hingga beberapa bulan ke depan. Namun di tengah perjalanan, ada masalah yang terjadi pada rumah tangga mereka.

Hotma Sitompul mengajak Rosmawaty untuk pindah agama. Ia ingin istrinya tersebut memeluk keyakinan yang dianut oleh Hotma Sitompul.

"Adapun terkait dengan statement saya di atas tentunya hal tersebut juga akan didukung dengan bukti-bukti yang akan saya sampaikan kepada publik dan rekan-rekan pers. Saya meminta kepada pihak Hotma Sitompul untuk dapat mengakui bahwa statement yang selama ini diutarakan di media sepanjang menangani sejarah perkawinan adalah keliru," ucap Rosmawaty.

"Apakah perlu saya jelaskan sebab-sebab percaraian, saya harus masuk Kristen. Karena pada saat saya mengandung, saya harus masuk Kristen beserta dengan anak dalam kandungan saya. Oleh karena itu, kami bercerai. Betapa sakitnya hati saya. Itulah penyebab perceraian kami," sambungnya lagi.

Dari pernikahan tersebut, Hotma Sitompul dan Rosmawaty dikaruniai seorang anak laki-laki bernama Rahmat Saleh. Namun anak tersebut tidak diakui oleh Hotma Sitompul.

"Dan dia tidak mengkaui anak saya. Alhamdulillah anak saya, saya sekolahkan tanpa biaya sesen pun dari Hotma hingga S2-nya. Dari UI Sarjana komputernya Binus dengan biaya dari saya," pungkas Rosmawaty.

(hnh/mau)