Round-up

Perjuangan Sunyi Pak Ogah Lawan Penyakit

Tim Detikcom - detikHot
Selasa, 25 Mei 2021 22:04 WIB
Pak Ogah sakit-sakitan
Kondisi Pak Ogah. Foto: Hanif/detikHOT
Jakarta -

Abdul Hamid pemeran Pak Ogah di Si Unyil kini tengah berjuang melawan sakit yang diidapnya. Kabar itu beredar usai unggahannya pada 2018 saat dirawat di rumah sakit viral baru-baru ini.

Istri Abdul Hamid, Yuyun menceritakan kondisi terkini sang suami. Yuyun membenarkan sang suami saat itu sedang sakit karena darah tinggi dan maag. Ia pun mengatakan jika kondisi pemeran Pak Ogah dalam program Si Unyil itu belum juga membaik.

Bahkan, selama 30 tahun berumah tangga dengan pemeran Pak Ogah itu, Yuyun merasa ini adalah kondisi terparah yang dialami suaminya.

"Kalau yang lalu ya betul juga. Cuma yang sekarang pun memang dia dari sebelum Lebaran, mau hampir 3 bulan saya bilang memang ya selama 30 tahun saya berumah tangga sama beliau ya baru sekarang ini yang terparah," kata Yuyun kepada detikcom melalui sambungan telepon, Selasa (25/5/2021).

Pada unggahan Instagram Pak Ogah ada salah satu akun yang mengatakan sang seniman mengalami penyumbatan darah di otak kiri dan kanan. Hal itu pun dibenarkan oleh istri Pak Ogah.

Dia bahkan menyebut kondisi tersebut membuat suaminya tidak bisa berbicara.

"Itu betul (penyumbatan darah). Tapi kalau kondisi saat ini betul penyumbatan pembuluh darah," tuturnya.

"Bukan susah ngomong lagi, tapi memang udah nggak bisa (bicara). Saya bilang ya benar-benar baru sakitnya, saat ini," jelas istri Pak Ogah.

Pak Ogah memang sempat dirawat di rumah sakit, tapi kini ia menjalani perawatan di rumah karena memaksakan diri untuk pulang. Namun, belum sampai dua hari di rumah, Pak Ogah tak sadarkan.

Alhasil, ini Pak Ogah membutuhkan perhatian lebih dalam menjalani kegiatan sehari-hari. "Sampai sekarang pakai baju salah, kalau makan kayak anak umur 3 tahun ampar-amparan. Berusaha tenang, belajar makan. Karena nggak fokus. Kalau kata dokter otak sama tangan, sama semuanya udah nggak connect," tuturnya.

"Dua bulan parah banget, jalan pun nggak bisa. Kalau sekarang jalan sama kaki nggak bisa. Ada tiang misalkan ditabrak, kulkas ditabrak, gelas ada ini kesenggol pecah. Otak sama ini (tangan dan kaki) nggak connect. Celana dipakein, baju juga dipakein. Bukannya dia nggak bisa gerak ya, cuma semua harus perlu perhatian," beber istri Pak Ogah.

Sebelum sakit, pemeran Pak Ogah sebenarnya masih aktif menjadi pengisi suara di Trans 7 dalam program Si Unyil. Dia juga masih ada proyek film, tetapi proyek terhambat karena pandemi COVID-19.

Sayangnya, semenjak sakit dan kehilangan kemampuan bicara, Pak Ogah terpaksa harus menghentikan aktivitasnya itu. Kini, Pak Ogah sangat ingin dapat berbicara lagi agar dapat mencari uang kembali. Sebab, istrinya bercerita, kini Pak Ogah tidak memiliki pemasukan.

"Dia itu kalau nggak bisa menyembuhkan ngomongnya itu, dia bilangnya jelek itu, itu nggak bagus. Karena yang dia inginkan dia bisa ngomong dan bisa cari uang lagi," cerita istri pemeran Pak Ogah.

"Kemarin ada yang berbaik dibantu lagi. Bukan nggak sembuh, karena sembuh itu kan perlu waktu. Nggak mau dah tuh dia sampai sekarang," sambungnya.

Istri Pak Ogah menambahkan, "Iya (Pak Ogah) mau bisa ngomong. Karena gimana bisa (cari uang buat) makan, yang penting bisa ngomong."

Diakui oleh sang istri, selama suaminya sakit, Pak Ogah tidak memiliki pemasukan. "Memang saat ini sakit. Selama sakit ini memang pemasukan nggak ada. Memang sudah tidak ada pemasukan sama sekali," urai Yuyun, istri Pak Ogah kepada detikcom dalam sambungan telepon.

"Akhirnya karena sekarang ini suaranya nggak ada, penghasilan pun nggak ada," akunya.

Lekas sehat, Pak Ogah!



Simak Video " Aksi Polisi Berantas 'Pak Ogah' Jalanan di Makassar!"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/ass)