Kondisi Pak Ogah Sekarang, Ada Penyumbatan Darah dan Tak Bisa Bicara

Desi Puspasari - detikHot
Selasa, 25 Mei 2021 13:03 WIB
Kondisi terkini Abdul Hamid, pemeran Pak Ogah dalam program Si Unyil
Kondisi terkini pemeran Pak Ogah Foto: dok. Pribadi Isrti Pak Ogah
Jakarta -

Abdul Hamid pemeran Pak Ogah di Si Unyil dikabarkan sakit. Unggahannya pada 2018 saat dirawat di rumah sakit viral.

Istri Abdul Hamid, Yuyun menceritakan kondisi terkini sang suami. Yuyun membenarkan sang suami saat itu memang sakit karena darah tinggi dan maag. Akan tetapi, saat ini kondisi pemeran Pak Ogah dalam program Si Unyil juga dalam keadaan sakit.

30 tahun berumah tangga dengan pemeran Pak Ogah, dirasa Yuyun ini adalah kondisi terparah sang suami.

"Kalau yang lalu ya betul juga. Cuma yang sekarang pun memang dia dari sebelum Lebaran, mau hampir 3 bulan saya bilang memang ya selama 30 tahun saya berumah tangga sama beliau ya baru sekarang ini yang terparah," kata Yuyun kepada detikcom melalui sambungan telepon, Selasa (25/5/2021).

Sebelumnya, pada postingan Instagram Pak Ogah ada salah satu akun yang mengatakan sang seniman mengalami penyumbatan darah di otak kiri dan kanan. Hal itu pun dibenarkan oleh istri Pak Ogah.

"Itu betul (penyumbatan darah). Tapi kalau kondisi saat ini betul penyumbatan pembuluh darah," tuturnya.

"Bukan susah ngomong lagi, tapi memang udah nggak bisa (bicara). Saya bilang ya benar-benar baru sakitnya, saat ini," jelas istri Pak Ogah.

Saat ini, Pak Ogah dirawat di rumah dan melakukan berobat jalan. Pertama kali jatuh sakit, sang istri mengatakan tidak ada gejala apa-apa yang diperlihatkan Pak Ogah.

Ketika itu, Pak Ogah hanya meributkan soal ponsel yang diberikan oleh Trans 7 sebagai keperluan mengisi suara program Si Unyil dia sebut rusak. Pada kenyataannya, ponsel tersebut tidak rusak.

"Nggak ada gejala apa-apa awal sakit. Dia cuma langsung lagi mau baca naskah. Sudah beberapa tahun Trans kasih hp ke Bapak. Awal mau sakit itu gini dia kan manggil saya Teteh, 'Teh kok hp Aa rusak ya? Coba ini dibetulin!' Itu dia nggak panas, nggak darah tinggi. 'Ini hp nggak apa-apa.' Dia coba lagi, 'Ini rusak Teh tolong. Aa mau isi suara.' Sudah beberapa kali begitu. Saya bilang, ini otak dan tangan sudah nggak sinkron, bukan hp-nya yang rusak," cerita istri Pak Ogah.

Kondisi terkini Abdul Hamid, pemeran Pak Ogah dalam program Si UnyilKondisi terkini Abdul Hamid, pemeran Pak Ogah dalam program Si Unyil Foto: dok. Pribadi Isrti Pak Ogah

Sempat dibawa ke rumah sakit, tapi Abdul Hamid atau pemeran Pak Ogah tak mau dirawat. Memaksakan diri pulang, belum sampai dua hari, pemeran Pak Ogah itu pingsan.

Sampai sekarang, sang istri mengatakan pemeran Pak Ogah itu butuh perhatian lebih dalam menjalani kegiatan sehari-hari.

"Sampai sekarang pakai baju salah, kalau makan kayak anak umur 3 tahun ampar-amparan. Berusaha tenang, belajar makan. Karena nggak fokus. Kalau kata dokter otak sama tangan, sama semuanya udah nggak connect," tuturnya.

"Dua bulan parah banget, jalan pun nggak bisa. Kalau sekarang jalan sama kaki nggak bisa. Ada tiang misalkan ditabrak, kulkas ditabrak, gelas ada ini kesenggol pecah. Otak sama ini (tangan dan kaki) nggak connect. Celana dipakein, baju juga dipakein. Bukannya dia nggak bisa gerak ya, cuma semua harus perlu perhatian," beber istri Pak Ogah.

Tanda-tanda kondisi pria berusia 74 tahun itu menurun disertai dengan suhu tubuhnya yang tinggi atau panas. Dari situ, Pak Ogah semakin sulit bicara.

"Kalau kambuh sekarang dia cuma panas seluruh badan panas. Habis dari situ suara makin kacau ngomong nggak ada yang ngerti. Tapi kalau daya ingat kalau yang kemarin kejadian pun nggak tahu. Lemahnya itu kalau dia panas. Dari sakit yang dia bisa bilang cuma pulang yuk, pulang yuk, dari awal sakit cuma pulang yuk yang dia bisa, yang lain ngawur," ungkapnya.

Sang istri sempat meminta tolong pada sesama aktris, Aty Cancer. Dia meminta Aty Cancer video call Pak Ogah. Ternyata, pemeran Pak Ogah itu masih mengenalinya dan hanya bisa menangis.

"Coba telepon kali aja dia inget nggak. Dia (Pak Ogah) ingat, dia nangis kalau ada yang video call nangis, (dia bilang) 'Aku sudah nggak bisa ngomong.' Kalau kalimat panjang nggak bisa," beber istri pemeran Pak Ogah.



Simak Video " Aksi Polisi Berantas 'Pak Ogah' Jalanan di Makassar!"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)