Marcell Siahaan Sempat Agnostik hingga Mualaf, Kini Rayakan Lebaran dengan Hangat

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 13 Mei 2021 14:38 WIB
Marcell Siahaan saat berkunjung ke kantor detikcom.
(Foto: Asep Syaifullah/detikHOT) Diakui Marcell Siahaan, dia bukan orang yang mengumbar soal kehidupan spiritual dan religiusnya ke media sosial. Namun rupanya hari ini sebuah pengecualian.
Jakarta -

Ramadhan tahun ini cukup berwarna buat Marcell Siahaan. Terlebih usai perbincangannya dengan Daniel Mananta soal keputusannya jadi mualaf. Hari ini Kamis (13/5/2021), Marcell Siahaan merayakan Lebaran dengan sang istri, Rima Melati, dan putra mereka, di Bali.

Hal tersebut tergambar dalam sebuah potret yang diunggah Marcell Siahaan ke Instagram pribadinya. Dalam foto tersebut terlihat Rima Melati mengenakan mukena, sang putra dengan peci, dan Marcell yang tersenyum hangat memberi ucapan selamat Lebaran.

Diakui Marcell Siahaan, dia bukanlah orang yang kerap mengumbar soal kehidupan spiritual dan religiusnya ke media sosial. Namun rupanya hari ini sebuah pengecualian.

"Untuk mereka yang mengenal dekat siapa saya sejak dulu tentunya paham bahwa memposting foto-foto yang memamerkan kehidupan pribadi yang ada hubungannya dengan kehidupan religius-spiritual bukanlah sesuatu yang saya banget. Sangat bukan saya, dan bukan sesuatu yang pantas saya pamer-pamerkan," tulisnya sebagai pembuka keterangan foto. Tercantum juga kota Denpasar, Bali, di tanda lokasi foto.

"Tapi untuk kali ini saya memberanikan diri, hanya sebagai bentuk rasa syukur saya bahwa sampai detik ini saya sekeluarga masih dirahmati, diberikan kesempatan menikmati hidup serta menikmati kebahagiaan ditengah badai yang belum kunjung reda. Alhamdulillah, kami masih kokoh berdiri. Sekaligus juga sebagai pengingat, bahwa menjadi pribadi yang penuh welas asih, yang penuh akan kesadaran dan empati, yang seimbang zahir bathin, masih menjadi 'pekerjaan rumah' saya dalam berkehidupan yang, Insya Allah akan diridhoi-Nya. Mohon maaf zahir bathin," lanjut Marcell.

Tidak lupa juga dia mengucapkan selamat hari raya buat umat Kristiani yang berbarengan pada hari ini merayakan Kenaikan Isa Al-Masih.

"Dan selamat merayakan Kenaikan Isa Al-Masih bagi segenap handai taulan, selamat merayakan penggenapan janjiNya bagi mereka-mereka yang percaya kepadaNya. Al-Wasathiyah," tutupnya.

[Gambas:Instagram]


Potret hangat keluarga Marcell Siahaan dan Rima Melati ini ramai dikomentari warganet. Tak sedikit pula yang memuji kedekatan keduanya.

Seperti diketahui, Marcell Siahaan merupakan seorang mualaf. Sosok Rima Melati disebutnya sebagai sosok di balik keputusannya memeluk agama islam. Hal itu diutarakan pelantun Firasat itu dalam perbincangan dengan Daniel Mananta di channel YouTube Daniel beberapa waktu lalu.

Keputusannya buat memeluk agama Islam disebut Marcell sebagai sebuah kesenangan.

"Gue nyaman, gue senang," kata Marcell.

Lahir dan besar di keluarga yang beragam dan berpikiran terbuka, Marcell Siahaan telah terekspos berbagai keyakinan sejak usia kanak-kanak. Tradisi puasa hingga lebaran, lalu Natal dan sederet ritual agama pernah dijalaninya saat kecil hingga remaja.

Marcell juga mengaku pernah menjadi agnostik. Hingga akhirnya mulai meyakini beberapa agama mulai dari Katolik hingga Buddha.

"Jadi dulu waktu gue kecil, waktu gue agnostik itu. Di TVRI itu ada beberapa acara, mimbar agama Islam, Katolik, Buddha, Hindu sama kepercayaan ketuhanan yang maha esa. Itu dulu ada lima acaranya di TVRI. Gue tuh senang tuh nonton yang begituan. Apalagi waktu nonton Islam, waktu itu ada musabaqah tilawatil Quran, pas gue dengar wah indah sekali ya," katanya kala itu.

(aay/aay)