Round Up

Kenapa Marcell Siahaan Mualaf? Jawabannya Ternyata Sederhana

Tim detikhot - detikHot
Jumat, 02 Apr 2021 05:30 WIB
Marcell Siahaan saat berkunjung ke kantor detikcom.
Kenapa Marcell Siahaan Mualaf? Jawabannya Ternyata Sederhana. (Foto: Asep Syaifullah/detikHOT)
Jakarta -

Bukan rahasia lagi bahwa Marcell Siahaan telah berkali-kali pindah agama. Kini dia mengaku telah mencapai titik akhir pencariannya. Marcell Siahaan memutuskan buat jadi mualaf.

Alasannya ternyata sederhana. Marcell Siahaan menemukan faktor nyaman dalam agama yang dipeluknya kini.

"Gue nyaman, gue senang," kata Marcell kala berbincang dengan Daniel Mananta di episode Daniel Tetangga Kamu.

Pelantun Semusim itu tidak berhenti sampai di sana dalam menjelaskan perjalanan hidupnya dalam pencarian keyakinan. Panjang cerita Marcell sebelum akhirnya mengutarakan dirinya nyaman menjadi seorang muslim.

Lahir dan besar di keluarga yang beragam dan berpikiran terbuka, Marcell Siahaan telah terekspos berbagai keyakinan sejak usia kanak-kanak. Tradisi puasa hingga lebaran, lalu Natal dan sederet ritual agama pernah dijalaninya saat kecil hingga remaja.

Marcell juga mengaku pernah menjadi agnostik. Hingga akhirnya mulai meyakini beberapa agama mulai dari Katolik hingga Buddha.

"Jadi dulu waktu gue kecil, waktu gue agnostik itu. Di TVRI itu ada beberapa acara, mimbar agama Islam, Katolik, Buddha, Hindu sama kepercayaan ketuhanan yang maha esa. Itu dulu ada lima acaranya di TVRI. Gue tuh senang tuh nonton yang begituan. Apalagi waktu nonton Islam, waktu itu ada musabaqah tilawatil Quran, pas gue dengar wah indah sekali ya," sambungnya.

Diakui Marcell Siahaan, dia adalah orang yang ingin tahu segala hal termasuk soal agama. Marcell menyebut dirinya adalah seorang pencari.

"Gue nggak mau jadi orang yang takut sama sesuatu yang gue nggak ngerti," katanya. Lantas setelah deretan agama dianutnya, dia tiba di Islam.

Agama Islam bukan hal baru dalam kehidupan Marcell secara personal karena kakeknya beragama Islam dan istrinya pun, Rima Melati Adams, merupakan seorang muslim. Tapi memutuskan untuk belajar Islam disebut Marcell sebagai titik akhir dari perjalanan spiritualnya.

"Gue yakin bahwa segala sesuatu itu ada titiknya dan gue merasa bisa berbuat banyak hal ketika gue berada di sini. Menjadikan diri gue sesuatu yang berguna untuk banyak orang. Jadi bukan hanya melihat ini sebagai pencapaian spiritual hanya internal gue, tapi juga pencapaian spiritual eksternal," terang Marcell Siahaan.

Marcell kini belajar buat menjadi sosok yang ikhlas dan berserah. Menjadi muslimin membuatnya bisa lebih ikhlas dalam melihat segala hal. Pandangannya soal Tuhan pun kini jadi berbeda.

"Dia (Allah) itu menjadi sesuatu yang Maha Kokoh sekaligus at the same time sesuatu yang paling loveable menurut gue," tandas Marcell.

Lihat juga video 'Berkat Sang Istri, Marcell Bisa Lewati Pandemi dengan Happy':

[Gambas:Video 20detik]



(aay/nu2)