Arek-arek Suroboyo Pulang Kampung Digital di detikcom, Ada Joshua Suherman!

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 05 Mei 2021 21:26 WIB
Pulang Kampung Digital
Foto: dok. detikcom
Jakarta -

Pulang Kampung Digital berlanjut ke Surabaya. Malam ini, Rabu (5/5/2021) Awwe dan Nopek ditemani sederet komedian dan penyanyi asal Surabaya. Tidak ketinggalan Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Dardak juga ikut meramaikan Pulang Kampung Digital malam ini.

Selengkapnya yang berbincang soal Surabaya di Pulang Kampung Digital persembahan detikcom antara lain Joshua Suherman, Nia AFI, Akbar, dan Arif Alfiansyah. Masing-masing punya kenangan sendiri soal Surabaya mulai dari makanan hingga lokasi favorit di masa lalu.

Joshua Suherman berkisah dirinya yang sejak kecil hingga SD tinggal di Surabaya. Namun karena kegiatan sebagai artis cilik membuatnya pindah ke Jakarta.

"Kalau tinggalnya sampai SD, tapi setelah itu sering bolak balik. Sejujurnya baru sekitar beberapa bulan yang lalu pulang kampung, tapi itu pun cuma 1 hari 1 malam, karena paginya pulang lagi ke Jakarta lewat darat. Nggak berani terlalu lama kumpul keluarga karena situasi kurang memungkinkan. Semoga teman-teman bisa menjaga silaturahmi secara virtual," beber Joshua.

Nia AFI yang juga adalah salah satu arek Suroboyo selama beberapa tahun terakhir menetap di Surabaya setelah 12 tahun tinggal di Jakarta. Karena tidak lagi menjalani kegiatan mudik, dirinya justru merindukan jalan-jalan ke mal.

"Aku di Surabaya, nggak pulang kampung karena aku udah di kampung. Dua tahun ini aku di Surabaya. Udah setahun nggak ke Mall," akunya.

Meski begitu, selama dua kali lebaran di masa pandemi Nia AFI mengaku tetap menjalankan tradisi Lebaran dengan masak-masak makanan khas Lebaran bersama sang bunda. Bicara soal makanan, deretan penganan khas Surabaya pun jadi topik pembahasan di Pulang Kampung Digital ini.

Emil Dardak menyebutkan sederet makanan khas Surabaya yang menjadi favoritnya. Mulai dari penyetan hingga rawon dicampur pecel.

"Kalau arek Suroboyo kangennya biasanya penyetan, apalagi pakai iwak p. Terus ada juga rawon yang dicampur pecel, makannya lesehan di pinggir jalan, nah itu adanya di Surabaya. Banyak sih kuliner Surabaya, ada yang kangen tahu tek, apalagi bebek," jelas suami Arumi Bachsin tersebut.

Para bintang tamu juga menyoroti bagaimana kini Surabaya sudah cukup banyak berubah. Meski menurut Akbar, ada hal dari Surabaya yang tidak tergantikan.

"Yang dikangenin sih istilahnya anak muda zaman sekarang tuh vibe-nya gitu lho. Itu nggak bisa digambarin. Ada yang beda kalau di Surabaya itu. Kayak nggak berasa lagi di Yogya. Kawasan yang paling dikangenin itu Ahmad Yani sampai Tunjungan itu banyak berubah sekarang. Ngangenin kalo ke Surabaya jalan-jalan aja keliling nggak ngapa-ngapain," katanya.

Sementara Joshua merindukan bioskop Mitra yang kini sudah tidak lagi beroperasi.

"Kalau saya jujur merindukan bioskop Mitra. Pertama kali saya nonton bioskop soalnya. Terakhir kali saya lewat sana udah nggak jadi bioskop," kata Joshua.

Nia AFI mengaku selama 12 tahun di Jakarta dia sangat merindukan sambal petis. Salah satu hal yang kini membuatnya pangling pada Kota Surabaya adalah spot Hotel Mojopahit.

"Itu tambah keren. Sekarang banyak kafe kekinian, restauran burger gitu. Yang dulunya ruko nggak terawat gitu kan. Sekarang apik, Instagram-able," katanya.

(aay/aay)