Yang Dirindukan Personel Close Friends dari Mudik ke Medan

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Rabu, 05 Mei 2021 14:07 WIB
Pulang Kampung Digital
Foto: Pulang Kampung Digital
Jakarta -

Acara Pulang Kampung Digital bersama detikcom masih berlangsung hari ini. Kali ini giliran para perantau asal Medan, Sumatera Utara, yang diajak untuk kembali menelusuri kampung halamannya secara daring pada Rabu (5/5/2021).

Pulang Kampung Digital tujuan Medan dimulai pukul 12.00 WIB, ada Ikmal Tobing dan Ibeth Estrya dari Close Friends, Oki Rengga, Lolox, hingga Wali Kota Medan, Bobby Nasution yang menjadi pengisi acara.

Ikmal Tobing dan Ibeth Estrya pun mengenang makanan kesukaan yang selalu mereka beli kala bertolak ke Medan.

"Aku biasanya lebih ke bawa oleh-olehnya. Biasanya kalau di sana aku malah suka Bolu Meranti, sama Bika Ambon. Biarpun di Medan, Ambon juga ada di sana," kata Ikmal Tobing sambil bercanda.

Selain itu, Ikmal Tobing juga gemar mencicipi kuliner di daerah Pecinan kota Medan. "Sama di sana ada daerah Chinatown-nya di sana enak-enak semua," tutur dia.

Sedangkan Ibeth Estrya mengatakan makanan favoritnya adalah lepet, yang merupakan panganan berbahan dasar beras ketan yang dicampur dengan kacang dan dimasak dengan santan.

Ibeth Estrya juga menuturkan saat berada di Medan, selain berwisata kuliner, dirinya juga gemar berbelanja pakaian.

"Kalau di sana disebutnya butik, jadi toko-toko fashion, kalau ke Medan pasti belanja, karena bajunya beda sama di Jakarta," ungkap dia.

Dalam acara itu, Ikmal Tobing mengungkapkan rindunya pada kampung halamannya itu. Dia mengaku memang lahir dan besar di Jakarta, tapi sebelum adanya pandemi virus Corona, dia kerap berkunjung ke Medan untuk mudik maupun karena urusan pekerjaan.

"Sudah dua atau tiga tahun lalu terakhir kali ke Medan. Biasanya pulang kampung sekalian yang konser," ceritanya.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Medan, Bobby Nasution, juga menyampaikan aturan larangan mudik di Kota Medan.

"Medan karena punya kota sekitarnya, disebutnya Mebidangbro, kayak Jabodetabek, kalau kota yang masih masuk Mebidangbro seperti itu, Binjai, Deli serdang dan Tanah Karo ini boleh melakukan mudik tapi di luar itu tidak diperbolehkan," jelas Bobby.

Meski melarang dengan keras untuk warganya menerima keluarga atau melakukan pulang kampung, akan tetapi untuk berjaga-jaga, Bobby Nasution mengaku telah menyiapkan tempat khusus untuk karantina.

"Kami tentunya sudah melarang, tapi potensi hingga hari ini, ada 11 persen yang akan lolos. Kami harus mempersiapkan, kita nggak punya RT/RW tapi kami punya yang namanya lingkungan. Bagaimana karantina bisa sampai tingkat-tingkat kelurahan," ungkap Bobby.

Selain itu, Bobby Nasution juga mengungkapkan aturan lainnya selama libur Hari Raya Idul Fitri berlangsung. "Tempat-tempat wisata akan dibatasi 50& dari kapasitas yang ada. Saya juga sudah melakukan pembatasan tempat wisata," ujarnya.

Dalam sesi itu, detikcom juga mengajak para penonton untuk menelusuri sudut-sudut kota Medan secara virtual demi mengobati rasa rindu.

(srs/dar)