Kini Transgender, Elliot Page Merasa Hidupnya Terselamatkan

Atmi Ahsani Yusron - detikHot
Minggu, 02 Mei 2021 19:04 WIB
Elliot Page
Kini Transgender, Elliot Page Merasa Hidupnya Terselamatkan. (Foto: Dok. Time/Wynne Neilly)
Jakarta -

Elliot Page belum lama ini menjadi seorang transgender. Untuk pertama kalinya setelah transisinya dari seorang wanita menjadi pria, dia bicara soal perubahan penting dalam hidupnya itu.

Elliot Page buka-bukaan kepada Oprah Winfrey dalam sebuah wawancara. Dia dengan yakin menyebut bahwa keputusannya untuk jadi transgender adalah penyelamat buat hidupnya.

"Aku ingin orang-orang tahu bahwa menjadi transgender adalah sesuatu yang mengubah hidupku, aku percaya ini juga penyelamat hidupku, dan sama dengan banyak orang lainnya," kata pemeran serial Netflix The Umbrella Academy itu.

Elliot Page mengakui ada banyak perubahan yang terjadi pada dirinya sejak jadi transgender. Sang aktor kini merasa lebih emosional terhadap banyak hal, terutama kebahagiaan kecil dalam hidupnya.

Dia juga mengaku kini sudah sangat nyaman dengan tubuhnya sendiri. Tanpa harus merasa terkejut akan perubahannya ketika bercermin.

"Bahagia rasanya ketika habis mandi dengan handuk di pinggang dan bercermin lalu bilang, 'Inilah aku'. Aku tidak lagi merasakan panik. Sekarang aku bisa menyentuh dadaku sendiri dan merasa nyaman dengan tubuhku untuk pertama kalinya. Ini benar-benar baru buatku. Rasanya aku belum pernah menjadi diriku sendiri sejak usia 10 tahun," lanjutnya.

Elliot Page mulai terbuka soal identitasnya sebagai transgender laki-laki lewat sebuah surat di bulan Desember 2020 lalu. Tak lama setelah itu, majalah Time mengajaknya buat model sampul dan jadi laki-laki transgender pertama yang menghiasi sampul majalah bergengsi itu.

Dalam wawancara dengan Time, Elliot Page menegaskan bahwa dirinya kini sudah merasa utuh setelah memutuskan menjadi transgender dan berubah jadi pria. Perubahannya di dunia nyata kemudian bakal mempengaruhi karakternya dalam The Umbrella Academy yang lanjut ke season 3 di Netflix.

"Aku benar-benar diriku sendiri saat ini. (Karakter Vanya) Akan ada penyesuaian," katanya.

Elliot Page tidak memberikan bocoran penuh soal nasib Vanya. Namun dia mengakui proses produksi season terbaru membuatnya amat tidak sabar untuk bisa kembali berakting.

Terlebih ini merupakan pertama kalinya dirinya syuting The Umbrella Academy dengan identitas gender yang baru. Musim ketiga serial Netflix itu sebelumnya sudah dikonfirmasi bakal berjudul The Sparrow Academy.

"Aku benar-benar bersemangat buat akting lagi, terlebih sekarang aku benar-benar menjadi diriku sendiri di tubuh ini. Apa pun tantangan dan momen sulit dari tubuh ini, tidak akan menggoyahkan apa yang aku rasakan saat ini," lanjutnya.

(aay/mau)