ADVERTISEMENT

Presenter Ini Tayangkan Pemeriksaan Pap Smear Live di TV

Tim detikhot - detikHot
Selasa, 27 Apr 2021 20:25 WIB
Steph McGovern
Presenter Steph McGovern tampilkan tes Pap Smear secara live di TV. Dok. Instagram/stephlunch
Jakarta -

Ada-ada saja yang dilakukan oleh salah seorang presenter televisi Inggris bernama Steph McGovern. Wanita berusia 38 tahun itu menyiarkan secara langsung bagaimana proses Pap Smear di sebuah saluran televisi nasional.

Kejadian itu bermula saat dirinya mengundang seorang pria bernama Chris Hopkins yang menggagas The Smear Campaign usai dirinya kehilangan istri dan ibu dari putranya yang berusia 9 tahun usai mengalami kanker serviks.

Dalam acara tersebut Chris berujar jika dirinya ingin orang-orang jadi lebih waspada dan rutin melakukan pengecekan pada rahimnya. Steph pun menanggapi hal tersebut dengan mengatakan jika Pap Smear itu sangat mudah untuk dilakukan.

Demi membuktikan ucapannya, Steph pun menyiarkan pemeriksaan Pap Smear di acaranya bersama dengan Dr Naomi Sutton. Mereka menunjukkan cara agar tetap santai dan tenang dalam menjalani tes tersebut.

"Ada banyak alasan kenapa para wanita malas melakukannya namun semua hal itu bisa diatasi," tutur sang dokter.

"(Kadang) mereka malu dengan tubuhnya, khawatir dengan rasa sakit hingga masalah kulit yang dialaminya," tambahnya.

Steph McGovernSteph McGovern saat lakukan tes Pap Smear. Foto: Dok. Instagram

Steph McGovern pun mengatakan jika dirinya sudah berkali-kali menjalani tes tersebut dan semuanya meninggalkan kesan yang berbeda. Kadang para wanita merasa malu dan takut untuk melakukannya, namun ada beberapa cara untuk mengatasi hal tersebut.

"Aku sudah melakukan Pap Smear beberapa kali dan itu selalu berbeda-beda di setiap tes. Kadang kau tak merasakan apa-apa. Seperti saat ini sangat nyaman namun kadang bisa menjadi menyakitkan, atau orang-orang takut itu akan menyakitkan. Namun itu tak akan lama meskipun ada sedikit rasa sakit," ungkapnya kala menjalani tes tersebut dan disiarkan.

Steph yang mengenakan kemeja bermotif polkadot itu pun berbaring di sebuah kasur dengan selimut putih menutupi bagian kakinya. Selama menjalani pemeriksaan, Steph melakukannya sambil berbincang-bincang dengan sang dokter.

Acara tersebut pun mendapatkan respon positif dari para netizen. Mereka memuji jika ada banyak orang yang salah kaprah tentang tes tersebut dan terbantu dengan acara yang dipandu oleh Steph McGovern.

"Steph melakukan Pap Smear secara langsung untuk menumbuhkan kewaspadaan dan menghalau informasi yang salah serta ketakutan tentang pengecekan serviks (rahim). Aku sangat menyukai acara ini," cuit salah seorang netizen.

"Sungguh menakjubkan Steph melakukan Pap Smear secara langsung di TV. Hal yang sangat baik untuk mengajarkan kewaspadaan," cuit lainnya.

"Terima kasih yang sebesarnya pada Steph yang melakukan tes Pap Smear secara langsung di televisi untuk meningkatkan kesadaran masyarakat," cuit netizen lainnya.



Simak Video "Kenali Gejala Kanker Serviks yang Harus Diwaspadai!"
[Gambas:Video 20detik]
(ass/dar)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT