Rinada Kenang Spiritual Deddy Dores, Bangga Bisa Bawakan Karyanya

Desi Puspasari - detikHot
Jumat, 23 Apr 2021 16:40 WIB
Penyanyi Rinada
Rinada banyak dapat pesan soal agama dari mendiang Deddy Dores Foto: dok. Pribadi Rinada
Jakarta -

Rinada bersyukur Ramadhan kali ini bisa berada di rumah. Tidak dipenjara karena narkoba, Rinada mulai membangun kariernya lagi.

Awal tahun, tepatnya Februari 2021, Rinada ditangkap karena narkoba. Akhirnya kini Rinada bisa bernapas lega karena sudah menyelesaikan rehabilitasinya.

Ramadhan tahun ini, Rinada memperlihatkan keahliannya dalam bidang tarik suara. Mantan istri Andika 'The Titans' itu mendapat kesempatan membawakan single religi ciptaan almarhum Deddy Dores.

"Alhamdulillah saat Ramadhan ini saya merilis single Nyalakan Iman karya cipta Deddy Dores almarhum yang direct Kang Yoni Dores di bintang 8 production," kata Rinada dalam video yang dikirimkan ke detikcom.

"Nyalakan iman menyampaikan iman seseorang itu naik turun. Lagu ini mengingatkan kita untuk meminta kepada Allah SWT agar iman kita terus dinyalakan," sambungnya.

Ini menjadi hikmah sendiri untuk Rinada di bulan Ramadhan mendapatkan kembali kepercayaan untuk berkarya. Bahkan setelah dirinya terjerat masalah narkoba.

"Dalam setiap kejadian saya selalu ambil hikmah, alhamdulillah di bulan Ramadhan ini berkah untuk saya, saya bisa meriliskan single religi, dua single Nyalakan Iman karya cipta Deddy Dores dan Rasulullah karya cipta Yoni Dores," ungkapnya.

Kedekatan Rinada dengan almarhum Deddy Dores memang bukan yang hanya sekadar kenal. Ada kenangan mendalam termasuk soal keagamaan yang Rinada dapatkan banyak pelajaran dari almarhum.

"Terakhir ketemu almarhum Deddy dores tahun 2011, aku silaturahmi ketemu di kota Bandung. Alhamdulillah sambutan almarhum baik banget, orangnya kalem. Apa yang diucapkan beliau itu benar adanya terjadi dalam hidup aku," puji Rinada.

"Beliau sosok guru buat aku, guru religius. Saat pertemuan itu Kang Deddy sangat religius. Saat ketemu kita obrolin seputaran religi, tentang agama. Jawabannya ternyata aku membawakan lagu karya almarhum lagu religi," imbuhnya.

Rinada masih sangat ingat ketika dirinya mendapat pujian dari Deddy Dores. Ada satu pesan Deddy Dores yang terus diingat oleh Rinada.

Deddy Dores meminta Rinada datang ke Sumedang. Deddy Dores mengingatkan Rinada di sana bisa bertemu dengan guru-guru yang bisa mengajarkannya lebih dalam soal agama.

"Kang Deddy berpesan untuk aku berangkat ke Sumedang, jangan lupa berangkat ke Sumedang. Aku pikir oh mungkin kalau satu guru spiritual yang harus aku datangi untuk lebih mendalami lagi agama. Aku berpikir ke sana. Sampai akhirnya aku berangkat juga ke Sumedang, bertemu dengan guru-guru untuk belajar agama," ceritanya.

"Kebetulan sebelum puasa saya menyempatkan untuk berziarah ke Sumedang, saat itu aku memang datang ke Sumedang itu untuk berziarah untuk datang ke makam Kang Deddy untuk mendoakan beliau, minta izin lagu singlenya aku bawain," tukas Rinada.



Simak Video "Penyanyi Rinada Kenang Pertemuan dengan Deddy Dores"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/wes)