ADVERTISEMENT

Kepedulian Ramon Y Tungka Terhadap Lingkungan

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Rabu, 14 Apr 2021 16:42 WIB
Ramon Y Tungka
Ramon Y Tungka peduli lingkungan. Foto: dokumen pribadi
Jakarta -

Lama tak terdengar kabarnya, Ramon Y Tungka kini ternyata tengah memusatkan kepedulian terhadap lingkungan. Pria yang memiliki hobi jalan-jalan itu memang tidak bisa jauh dari lingkungan.

Kepedulian terhadap lingkungan yang dilakukan Ramon Y Tungka kali ini adalah, mengajak masyarakat untuk menanam pohon di tiga candi yang ada di kawasan DI Yogyakarta.

Ketiga candi tersebut di antaranya adalah Sambisari, Banyunibo dan Barong. Tapi karena hingga saat ini Pandemi Corona belum kunjung usai, masyarakat tidak bisa menanam langsung di lokasi tersebut.

Masyarakat menitipkan bibit yang nantinya akan ditanam dari penyelenggara acara, Candi Darling From Home atau yang disingkat CDFH.

"Menarik sekali memang kegiatan ini. Artinya kita mengajak generasi peduli lingkungan hidup. Siapapun sebenarnya berkewajiban menjaga, tapi banyak yang kurang memahaminya," jelas Ramon Y Tungka dalam wawancara virtual.

Mantan istri dari Qory Sandioriva ini mengatakan kegiatan ini sangat positif. Karena nantinya akan sangat berdampak baik bagi lingkungan dan juga bagi bumi.

Lantas bagaimana sih cara masyarakat berpartisipasi untuk menanam pohon dalam acara tersebut? Ramon Y Tungka menjelaskan cara yang perlu dilakukan adalah cukup dengan mengunggah kegiatan peduli lingkungan ke media sosial masing-masing.

"Dengan tagar #candiDarlingfromHome dan juga menyertakan akun @siapdarling itu menjadi salah satu tanda keikutsertaan kita dalam acara ini. Kegiatan ini sangat ramah dengan lingkungan. Bisa mengurangi botol plastik dan diganti dengan tempat minum yang bisa dipakai berulang kali atau juga bisa menggunakan transportasi umum jika ingin berpergian," sambungnya lagi.

Untuk satu unggahan, Ramon Y Tungka mengatakan masyarakat sudah bisa menyumbangkan satu bibit untuk ditanam di tiga candi yang disebutkan.

"Tanaman yang kami pilih adalah tanaman lokal dan tidak asing di daerah tersebut. Tentunya yang tidak mengganggu ekosistem lain di sekitar candi," beber penyelenggara acara, Abdurrachman Aldila dari Program Associate Bakti Lingkungan Djarum Foundation.

Dengan adanya kegiatan ini, Ramon Y Tungka tidak hanya meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan tapi juga mempelajari sejarah candi-candi tersebut.

"Nggak hanya peduli lingkungan dan belajar sejarah juga di sini. Kegiatan ini juga sudah dilakukan sejak awal April 2021. Targetnya sendiri bisa menanam 10.000 bibit di seluruh candi Indonesia," kata Ramon Y Tungka.



Simak Video "Ramon Y. Tungka Pilih Salurkan Bantuan Dibanding Padamkan Api di Riau"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/doc)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT