Status Perceraian Aa Gym dan Teh Ninih Belum Jelas Secara Negara

Dony Indra Ramadhan - detikHot
Jumat, 09 Apr 2021 14:23 WIB
Aa Gym dan Keluarga
Status Perceraian Aa Gym dan Teh Ninih Belum Jelas Secara Negara (Foto: Instagram @ghefayre)
Bandung -

Sidang perceraian antara Abdullah Gymnastiar atau Aa Gym dan Ninih Muthmainah atau Teh Ninih masih 'menggantung' di ranah negara usai gugatannya dicabut Aa Gym. Lalu bagaimana kelanjutan perceraian Aa Gym dan Teh Ninih?

Teh Ninih sendiri sudah mengetahui akan pencabutan gugatan tersebut. Menurut pengacaranya, M Fazar, Teh Ninih akan bertemu dulu dengan keluarganya untuk membicarakan langkah ke depan.

"Tanggapan Teteh terkait pencabutan gugatan, saat ini sedang menghadap ke orang tuanya untuk diskusi rencana ke depannya. Dan saat ini belum ada komunikasi lagi dengan kami," ucap Fazar saat di konfirmasi detikcom, Jumat (9/4/2021).

"Belum ada dalam waktu dekat ini. Pertimbangannya juga karena mau bulan Ramadan, pengennya semua tenang dan fokus ibadah," kata dia.

Disinggung soal ada tidaknya upaya atau langkah hukum berupa menggugat balik, Fazar menuturkan sejauh ini belum ada pembicaraan dengan Teh Ninih. Terlebih, saat ini tengah menghadapi bulan Ramadhan.

Dengan kondisi seperti ini, kata Fazar, status perkawinan Teh Ninih dan Aa Gym menggantung secara negara. Namun, secara agama, Aa Gym sudah melakukan talak tiga terhadap Teh Ninih.

"Gantung secara negara. Secara agama tetep udah talak tiga. Penyelesaiannya nunggu hasil diskusi Teh Ninih dengan orang tuanya," tuturnya.

Sebelumnya, Aa Gym resmi mengajukan gugatan cerai terhadap istrinya, Teh Ninih. Gugatan dilayangkan melalui Pengadilan Agama Bandung.

Namun secara mengejutkan pula, Aa Gym mencabut gugatannya. Belum diketahui alasan pencabutan gugatan oleh Aa Gym itu.

"Jadi akhirnya dicabut. Betul (tidak jadi gugat cerai)," ujar Dedi Setiadi salah satu kuasa hukum Aa Gym.

(dir/dar)