Atalarik Syah Belum Serahkan Anak, Tsania Marwa Akan Lakukan Ini

Desi Puspasari - detikHot
Rabu, 07 Apr 2021 21:02 WIB
Tsania Marwa
Tsania Marwa akan tempuh proses sesuai hukum demi kumpul dengan anak-anaknya Foto: Noel/detikHOT
Jakarta -

Tsania Marwa sudah mengantongi hak asuh anak. Akan tetapi, sampai saat ini Atalarik belum juga menyerahkan dan mempertemukan anak-anaknya ke Tsania Marwa.

Setelah pandemi Corona dan tidak ada kegiatan sekolah, Tsania Marwa tak bisa lagi bertemu dengan anak-anaknya di sekolah. Bahkan di hari ulang tahunnya, tidak ada ucapan selamat dari dua buah hatinya.

"Nggak, lah, gimana ngucapinnya kan nggak ada komunikasi. Telepati? Lewat doa aja, aku yakin itu sampai, karena aku ibunya jelas doa ibu paling mujarab," kata Tsania Marwa ditemui di kawasan Jakarta Barat.

Tsania Marwa pun hanya ingin mengikuti proses hukum saja. Dirinya pun sudah belajar ikhlas belum lagi bisa berkumpul dengan anak-anaknya.

"Yaitu, upaya hukumnya adalah eksekusi. Itu akan terjadi kalau memang harus ada langkah selanjutnya. Itu adalah upaya secara hukum. Kalau ada upaya di luar itu, misalkan anak diserahkan ke saya, sudah selesai sebenarnya nggak usah dibawa ribet," tutur Tsania Marwa.

Bertahun-tahun Tsania Marwa terbelit mulai dari masalah cerai, harta gono-gini, sampai hak asuh anak. Tsania Marwa pun merasakan dampak negatif.

"Pasti ada dampak secara mental, tapi aku berusaha gimana aku melakukan healing dan aku mencoba untuk mencari hikmah rahasia Allah dengan semua perjalanannya. Apa nih sisi positif yang aku petik, dan itu menjadikan diri aku ini menjadi pribadi seperti ini pastinya karena pengalaman hidup aku selama lima tahun ini. Jadi mengambil banyak hal yang sangat berguna ke depannya," tukas Tsania Marwa.

Sedangkan Atalarik Syah sendiri punya alasan sampai saat ini belum juga menyerahkan anak-anaknya ke Tsania Marwa. Atalarik Syah ternyata menolak adanya eksekusi yang menurutnya melanggar hak asasi anak-anaknya.

"Kenapa kami tidak sepakat dan tidak bisa membenarkan, karena ini menyangkut hak asasi anak sendiri, itu intinya. Tindakan eksekusi ini ya terus terang kami menolak dan lebih kepada solusi untuk musyawarah," tutur Atalarik Syah dalam kesempatan berbeda di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan.

"Nah di sini, saya juga sudah ke KPAI secara pribadi menyangkut undangan tersebut waktu 17 Februari 2021 untuk KPAI bertindak sebagai saksi apabila tindakan ini dilaksanakan. Sebagai saksi untuk melihat anak prosesinya seperti apa," tegasnya.

Atalarik Syah memikirkan kondisi anak-anaknya. Selama ini, anak-anaknya tidak pernah lagi diasuh oleh Tsania Marwa.

Apalagi saat pandemi Corona, Tsania Marwa tak bisa berjumpa di sekolah sang anak.

"Yang menjadi pertimbangan anak bagi saya, ini empat tahun anak-anak sama saya. Apalagi sepanjang pandemi ini, ibu anak anak nggak bisa lihat di sekolah. Saya juga bebaskan untuk melihat anak di sekolah, tidak dibatasi juga bertemu, jadi ini benar-benar karena pandemi (Tsania Marwa sulit bertemu anak)," jelas Atalarik Syah.

"Untuk membagi hak asuh bersama itu ide saya waktu gugatan hak asuh anak pertama kali di Pengadilan Agama Cibinong, untuk membagi parenting terhadap anak. Tapi, itu 100 persen ditolak dia (Tsania)," tukasnya.



Simak Video "Alasan Atalarik Syah Kukuh Ajukan Banding Hak Asuh Anak"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/doc)