Mengenang Mpok Nori yang Meninggal Dunia 5 Tahun Lalu

Tim detikHOT - detikHot
Sabtu, 03 Apr 2021 10:40 WIB
mpok nori meninggal dunia
Mengenang Mpok Nori yang meninggal 5 tahun lalu. Foto: dokumen detikHOT
Jakarta -

Tepat di hari ini lima tahun lalu, komedian senior Mpok Nori meninggal dunia. Banyak yang mengingat kembali sosok Mpok Nori yang dikenal sebagai komedian yang multitalenta.

Mpok Nori meninggal dunia pada Jumat, 3 April 2015. Mpok Nori meninggal dunia karena penyakit asma akut. Penyakit ini memang sudah diidap olehnya sejak lama.

Mpok Nori meninggal dunia di rumah sakit Pasar Rebo, Jakarta Timur. Mpok Nori meninggal dunia pada usia 84 tahun. Mpok Nori dimakamkan di TPU Pondok Rangon, Jakarta Timur.

Sepanjang hidupnya, Mpok Nori dikenal sebagai salah satu pelawak yang penampilannya selalu mengocok perut banyak orang. Ia tak segan jadi bulan-bulanan dan objek derita di atas panggung.

Dalam beberapa kesempatan, Mpok Nori 'rela' jadi pancingan kelucuan ketika dirinya di-setting menjadi sesosok perempuan cantik.

"Perkenalkan, saya Nikita Willy," ungkap Mpok Nori dalam sebuah tayangan komedi di televisi.

Ucapan-ucapan itu pun langsung disambut tawa riuh dari penonton. Tapi terlepas dari itu, Mpok Nori memang menikmati profesinya sebagai pelawak.

Perjalanan Karier

Ia mengawali kariernya lewat Sanggar Setia yang didirikan oleh almarhum Haji Bokit. Dari situlah Mpok Nori dikenal sebagai pemain lenong dan sering diajak melucu di berbagai stasiun televisi.

Karier Mpok Nori langsung melesat kala tampil dalam serial Pepesan Kosong pada 1992. Di situ, Mpok Nori main bersama dengan pelawak Betawi lainnya. Mereka di antara lainnya adalah Malih Tong Tong, Haji Bolot, dan juga almarhum Nazar Amir.

Tak pelit dalam berbagi ilmu, perempuan kelahiran 10 Agustus 1930 ini pun mendirikan kelompok pertunjukan seni yang diberi nama Sinorai yang memiliki anggota 50 anak.

Dunia seni seakan tak biasa ia lepaskan, meski usianya semakin tua. Dalam sebuah wawancara pada 2013, Mpok Nori mengatakan tak ingin kemampuannya berhenti karena usia.

"Bakatnya emak memang di sini. Bakatnya emak ya seni," jelas Mpok Nori.



Simak Video "Doa Mengubah Takdir"
[Gambas:Video 20detik]
(wes/mau)