Catatan Akhir Tahun Selebriti 2015

ADVERTISEMENT

Catatan Akhir Tahun Selebriti 2015

Komario Bahar - detikHot
Selasa, 22 Des 2015 10:23 WIB
Foto: ilustrasi oleh Luthfy Syahban
Jakarta -

detikHOT merangkum semua kejadian paling menyita perhatian di tahun ini dari ranah hiburan. Dibuka dari yang paling heboh di awal tahun, rentetan kejadian kasus hukum terjadi hingga kasus narkoba dan prostitusi.

Terjerat Narkoba



Yang paling banyak datang dari kasus penangkapan pesohor lantaran tersandung masalah narkoba. Diawali musisi Fariz RM yang tertangkap lagi karena narkoba. Kala pesta perayaan tahun baru juga masih terasa sisa-sisa gegap gempitanya, publik dikejutkan oleh penangkapan Fariz di 6 Januari tahun ini. Fariz tertangkap dengan barang bukti ganja dan beberapa alat isap di kediamannya di kawasan Bintaro Jaya, Tangerang Selatan oleh jajaran petugas Polres Jaksel.

Mirisnya bukan cuma Fariz yang tertangkap di awal tahun. Eks drummer God Bless, Yaya Moektio juga tertangkap narkoba pada 2 Februari bersama dua rekannya saat tengah berkaraoke di kawasan Cipete, Jakarta Selatan. Yaya yang juga masih aktif di band rock Gong 2000 itu ditangkap dengan barang bukti tiga paket sabu dan alat pengisap narkoba. Belum reda soal Yaya, Ari Tri Sosianto yang merupakan personel band 'Padi' juga turut tertangkap pada 27 Februari.

Sang gitaris tertangkap oleh petugas Polres Jaksel di Studio musik miliknya di kawasan Ciputat, Tangerang Selatan dengan barang bukti sabu beserta alat isapnya. Ada keterkaitan antara penangkapan Fariz, Yaya hingga Ari. Para musisi itu ternyata mendapatkan barang terlarang tersebut dari tangan bandar yang sama berinisial S.

Model seksi Vitalia Sesha juga tersangkut kasus serupa pada 11 Juli lalu di Hotel kawasan Jakut. Setelah melalui tes urine, model seksi dua anak ini terbukti menggunakan narkoba jenis ekstasi, namun ia mengklaim telah dijebak saat reuni dengan sejumlah rekannya.

Artis yang juga tertangkap di tahun ini adalah Eza Gionino. Eza diciduk di kediamannya di kawasan Cibubur, Jaktim 1 Agustus lalu dengan barang bukti Sabu. Ini adalah kali kedua Eza terkena kasus hukum setelah sebelumnya ia dipenjara karena masalah penganiayaan terhadap Ardina Rasti, mantan kekasihnya sendiri.

Sedangkan Roby Satria alias Roby 'Geisha' juga tertangkap kedua kalinya lantaran memesan ganja via layanan ojek online kala berada di Bali pada 19 November. Roby sebelumnya juga pernah ditangkap dua tahun sebelumnya karena kasus serupa.

Kasus hukum lainnya hadir dari Sandy Tumiwa karena kasus investasi bodong pada 26 November. Ini adalah kasus tiga tahun lalu yang dilaporkan beberapa orang, salah satunya pedangdut Annisa Bahar.

Kabar Duka



Kabar duka juga mengiringi 2015. Beberapa nama kondang tutup usia. Pemeran Mahar di film 'Laskar Pelangi', Verrys Yamarno mengawali kabar duka pada 12 Januari. Ia meninggal di usia sangat muda, 19 tahun. Aktor yang juga mengembuskan napas terakhirnya di awal tahun adalah Zainal Abidin Domba. Zainal berpulang pada 26 Februari di usia 57 tahun. Aktor yang lekat dengan peran komedi itu diketahui mengidap penyakit kanker usus.

Aktor kenamaan Tanah Air, Alex Komang juga tutup usia pada 13 Februari di RSUP dr. Kariadi Semarang. Aktor yang bernama asli Syaiful Nuha itu meninggal karena penyakit kanker hati yang sudah lama dideritanya. Alex berpulang di usia 53 tahun. Aktor Frans Tumbuan juga menghadap ke Sang Khalik pada usia 75 tahun. Suami Rima Melati itu meninggal pada 23 Maret karena Diabetes. Tak cuma dari deretan aktor, penyanyi Yanni Djunaedi yang tergabung dalam Trio Libels. Yanni meninggal pada 25 Maret karena sesak napas di Bandara Depati Amir, Pangkal Pinang karena mengalami. Jenazah Yanni langsung dibawa ke Jakarta untuk dimakamkan. Sementara penyanyi dan komposer Rinto Harahap juga meninggal pada 10 Maret.

Dua hari setelah Yanni, selebriti Indonesia dibuat bersedih lagi. Duka mendalam langsung dirasakan para pesohor seluruh Tanah Air. Sebab, komedian Olga Syahputra akhirnya menyerah atas penyakit Meningitis pada 27 Maret ini. Olga berpulang setelah kurang lebih setahun melawan penyakitnya itu di RS Mount Elizabeth, Singapura. Olga berpulang di usia muda, 32 tahun. Pemberitaan kepergian komedian kocak serbabisa itu begitu disorot. Tak lain karena popularitas pria bernama asli Yoga Syahputra itu. Belum lagi, setahun pula publik tak mengetahui update Olga yang menghilang dari layar kaca karena sakitnya itu. Taman Pemakaman Umum Malaka, Jaktim menjadi peristirahatan terakhir Olga.

Satu lagi komedian yang pergi tak lama kepulangan Olga untuk selama-lamanya itu. Nuri Sarinuri yang bernama tenar Mpok Nori meninggal di usia 84 tahun. Setelah berjuang melawan penyakit di RS Pasar Rebo, Mpok Nori yang terkenal lucu lewat lengkingan teriakannya meninggal pada 3 April. Satu lagi komedian Ferrasta Soebardi alias Pepeng wafat pada 6 Mei lalu karena penyakit komplikasi yang sudah ia derita sejak lama. Aktor senior Didi Petet juga mengembuskan napas terakhirnya pada 15 Mei karena lantaran penyakit asam lambung.

Di penghujung tahun, Misye Arsita dan Ade Juwita meninggal di waktu yang berdekatan. Misye wafat pada 5 November karena penyakit TBC. Sedangkan Ade tutup usia empat hari setelah Misye meninggal. Sang komedian wafat pada 9 November. Sementara Pak Raden sebelumnya sudah mendahului Misye dan Ade pada 10 Oktober.

Pelecehan Seksual Hingga Prostitusi



2015 juga diwarnai kesialan selebriti. Pelecehan seksual dialami beberapa nama tenar. Jessica Iskandar mengawalinya di awal tahun. Pada Januari lalu, Jessica menjadi korban pelecehan dari karyawan sebuah salon di Mal Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Jessica bahkan membawa kasus ini ke ranah hukum. Selain Jessica ada video aktris Chelsea Islan tengah buka baju. Chelsea sempat terpukul, namun video yang kadung bocor di internet itu tak diperkarakan bintang film 'Di Balik 98' tersebut. Kasus pedangdut Cita Citata yang dianggap melecehkan warga Papua karena ucapannya di atas panggung bahkan masih diproses kepolisian sampai detik ini.

Narkoba, kabar duka ataupun kawin-cerai --lengkapnya dalam list 'Janji Suci Selebriti 2015-- pastinya selalu mewarnai jagat hiburan di setiap tahunnya. Namun dari banyaknya kejadian heboh tersebut, 2015 memang lebih spesial lagi lantaran kasus satu ini: prostitusi artis! Catatan terkelam dari jagat selebriti baru terungkap lebar-lebar di tahun Kambing Kayu ini. Cerita prostitusi artis memang bukanlah hal baru, namun baru kali ini para artis benar-benar tertangkap basah oleh penegak hukum dan diproses. Kejadian ini membelalakan mata publik karena para selebriti itu dikenal cukup baik selama ini.

Dimulai dari Amel Alvi yang tertangkap bersama muncikarinya Robby Abbas pada 8 Mei lalu. Dari Amel Robby, nama Tyas Mirasih, Shinta Bachir terseret. Kasus ini memenjarakan sang muncikari saja karena Amel dianggap cuma saksi. Namun tak lama heboh berita ini, Anggita Sari kena giliran ditangkap di kasus yang sama. Anggita diciduk polisi di Surabaya setelah menjalani beberapa kali transaksi seks pada 2 September lalu. Beda dengan Amel, Anggita akhirnya mengakui memang pernah menyambi jadi PSK kelas atas. Sedangkan Amel masih saja berdalih hingga saat ini soal pekerjaan terselubungnya.

Hingga jelang pergantian tahun, kasus ini tetap panas. Nikita Mirzani dan Puty Revita jadi aktor utamanya kali ini. Nikita dan Puty dicokok petugas kepolisian di Hotel Kempinski, Thamrin, Jakpus 11 Desember. Namun kedua artis ini tetap tak ditahan. Sebab, F dan O dianggap adalah pihak yang bertanggung jawab karena menjual kedua artis tersebut.

Asal tahu saja, di tahun ini, Nikita Mirzani tersangkut dua kali perkara hukum. Di Januari lalu, ibu dua anak itu kembali masuk penjara karena MA memutuskan menolak kasasinya soal penganiayaan terhadap Olivia dan Beverly Mae Sandy beberapa tahun lalu. Alhasil Nikita kembali merasakan dinginnya lantai penjara di Rutan Pondok Bambu.

Transformasi



Rehat sejenak dari kasus hukum, dunia entertainment juga sempat diramaikan dengan transformasi artis. Laudya Cynthia Bella begitu menyedot perhatian ketika memutuskan berhijab awal 2015 ini. Perubahannya dari gadis tomboy yang terkadang tak sungkan berpenampilan seksi menuju tertutup banyak dipuji khalayak. Bella diketahui berhijab sejak Januari. Sepulang umroh, mantan kekasih Chicco Jerikho itu mantap menutup auratnya. Dan sejak itu, Bella kerap membintangi iklan busana musim hingga brand perawatan rambut bagi perempuan berhijab.

(kmb/ich)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT