Kena! Mendikbud Nadiem Salah Jawab Soal Matematika Jerome Polin

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 01 Apr 2021 09:23 WIB
Ngobrol dengan Jerome Polin, Nadiem Makarim Curhat Susahnya Jadi Mendikbud
Kena! Mendikbud Nadiem Salah Jawab Soal Matematika Jerome Polin (Foto: Instagram)
Jakarta -

Belum lama ini, Nadiem Makarim, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), melakukan sesi live di Instagram. Ia tidak sendirian, sesi itu juga diisi oleh Jerome Polin, seorang YouTuber.

Saat live berlangsung, Jerome Polin mengaku gugup berhadapan dengan pria yang sering disapa Mas Menteri itu.

Dalam kesempatan yang sama, Jerome Polin juga mengaku kepada Nadiem Makarim ingin menjadi Menteri Pendidikan di Indonesia. Ia punya cita-cita pendidikan di Indonesia jauh lebih baik dari saat ini.

Jerome Polin menyebut ada tiga hal yang seharusnya diperbaiki dalam sistem pendidikan di Indonesia, seperti pemerataan pendidikan, kesejahteraan guru, dan perbaikan kurikulum.

Tidak lupa, ia juga menyampaikan jika pendidikan moral dan berpikir kritis juga harus terus diasah untuk anak-anak di Indonesia. Menurutnya metode menghafal yang selama ini diterapkan tidak lagi relevan.

Ternyata semua gagasan itu diamini oleh Nadiem Makarim.

"Karena generasinya biasa menerima info mentah-mentah, ujung-ujungnya kemakan hoaks. Anak-anak harus terbiasa debat, buat essay, untuk melatih pemikiran logis dan beropini. Anak-anak harus jadi partisipator dan co-creator dari pendidikan mereka," kata Nadiem.

Menjelang akhir sesi, Jerome Polin melemparkan pertanyaan ke Nadiem Makarim. Ia memberikan pertanyaan matematika dengan angka yang kecil.

"Mas Menteri tolong jawab dengan cepat ya Mas, 1+1x0," tanya Jerome Polin kepada Nadiem Makarim.

jerome polinJerome Polin Foto: Instagram @jeromepolin

Saat itu, Nadiem Makarim diminta menjawab secara cepat. Ia kemudian menjawab, "Nol!"

Sayang, jawaban itu salah. Jerome Polin menggelengkan kepalanya. Nadiem Makarim kemudian berpikir lagi dan meralat jawabannya.

"Harusnya satu (1) ya, aduh. Jadi 1 sama 0 nya duluan, baru 0 ditambah 1 jadi 1. Tricky banget sih (soalnya)," ungkap Nadiem Makarim tertawa.

Diketahui, Jerome Polin adalah remaja yang menempuh pendidikan di Waseda University. Ia mengambil jurusan Matematika Terapan.

Selama ini Jerome Polin dikenal karena kepintarannya. Pria kelahiran Surabaya ini juga aktif di beberapa media sosial dengan konten-kontennya yang menarik.

Bukan cuma hiburan, Jerome Polin juga mengisi kontennya dengan hal-hal yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan. Beberapa kontennya juga memperlihatkan kepiawaiannya dalam menghitung cepat.

(dar/wes)