10 Fakta Pencabutan Gugatan Cerai Aa Gym ke Teh Ninih

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 31 Mar 2021 20:26 WIB
KH Abdullah Gymnastiar, Blak-blakan di Pasaraya Grande, Blok M, Selasa (7/5/2019)
Aa Gym cabut gugatan cerai ke Teh Ninih. Begini fakta-faktanya. (Foto: Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Pada Rabu (31/3/2021) pagi secara resmi Aa Gym membatalkan pengajuan gugatan cerainya terhadap Teh Ninih. Hal tersebut diumumkan oleh pengadilan pada sidang kedua perceraian mereka yang digelar di Pengadilan Agama Bandung.

Berikut detikcom rangkum sederet fakta soal pencabutan gugatan cerai Abdullah Gymnastiar ke Ninih Muthmainah:

1. Aa Gym tidak datang ke sidang cerai

Sidang cerai yang digelar hari ini merupakan sidang kedua. Seharusnya sidang ini beragendakan kelanjutan dari gugatan cerai yang diajukan Aa Gym beberapa waktu lalu. Aa Gym sendiri tidak hadir dalam sidang kedua.

2. Agenda sidang berubah

Agenda sidang kemudian berubah jadi pencabutan gugatan cerai. Kuasa hukum Aa Gym, Dedi Setiadi, membenarkan bahwa kliennya memutuskan untuk membatalkan perceraian.

"Jadi akhirnya dicabut. Betul (tidak jadi gugat cerai). Penetapan sudah dibacakan oleh majelis. Jadi sepakat dicabut dari Aa," ujar Dedi Setiadi salah satu kuasa hukum Aa Gym.


3. Alasannya dirahasiakan

Aa Gym dan pihak kuasa hukumnya tidak bicara banyak soal alasan pencabutan gugatan cerai tersebut. Menurut Didi Setiadi, alasan tersebut sengaja tidak diekspos karena dianggap merupakan masalah keluarga.

"Kita tidak bisa ekspose, itu masalah keluarga. Pokoknya dicabut aja dari Aa, kita hanya kirim surat dan dikabulkan," lanjut kuasa hukum Aa Gym.

4. Teh Ninih tidak tahu Aa Gym cabut gugatan cerai

Pihak Teh Ninih mengaku tidak tahu menahu soal Aa Gym yang mencabut gugatan cerainya. Agung La Tenritata selaku salah satu kuasa hukum Teh Ninih menegaskan hal tersebut saat ditemui usai sidang.

"Belum tahu. Artinya sepihak. Ini yang jadi pertanyaan buat kami karena bahwa kondisi sekarang antara teh Ninih dan Aa Gym, Aa sudah melakukan talak tiga terhadap teteh," ujarnya.

Teh Ninih dan Anak-anaknyaTeh Ninih dan Anak-anaknya Foto: Instagram @


5. Belum ada komunikasi dari Aa Gym

Hingga sidang pencabutan gugatan cerai dikabulkan pihak Pengadilan Agama, diakui oleh pihak Teh Ninih belum ada komunikasi dari Aa Gym kepada kliennya. Tidak secara pribadi maupun diwakili oleh para kuasa hukum.

"Tapi artinya kenapa alasannya gugatan dicabut kami sebagai kuasa hukum teh Ninih, kurang mengetahui alasan sesungguhnya dari Aa Gym serta kuasa hukumnya mencabut gugatan ini," kata dia.

6. Aa Gym sudah jatuhkan talak sejak 2020 (di halaman berikutnya)