Ibnu Jamil Sempat 'Hilang' di Hutan Kalimantan, Bikin Ririn Ekawati Panik

Pingkan Anggraini - detikHot
Rabu, 31 Mar 2021 21:43 WIB
Potret bulan madu Ibnu Jamil dan Ririn Ekawati.
Ibnu Jamil sempat bikin Ririn Ekawati panik karena dirinya tak bisa dihubungi saat bertualang di hutan Kalimantan. Begini cerita sang pengantin baru. (Foto: Instagram/@ibnujamilo, @ririnekawati)
Jakarta -

Ibnu Jamil yang diketahui gemar bertualang ke alam luas rupanya punya pengalaman unik baru-baru ini. Ia mengaku sempat pergi ke Kalimantan untuk melaksanakan hobinya itu.

Saat itu diakui Ibnu Jamil memang ia tidak dapat sinyal handphone buat komunikasi selama menjalani perjalanannya. Selama 6 hari 5 malam, Ibnu Jamil tidak bisa memberikan kabar ke istrinya, Ririn Ekawati.

Pada hari pertama hingga ke empat, Ririn Ekawati masih tampak tenang dan belum berusaha mencari kabar suaminya itu. Lalu di hari ke lima, Ririn Ekawati mulai mencari Ibnu Jamil hingga menanyakan kabar ke keluarga.

"Jujur saat itu gua emang nggak ada kabar sampe hari ke dua, ya biasa," ujar Ibnu Jamil saat ditemui di kawasan Kemang, Jakarta Selatan, Rabu (31/3/2021).

"Hari ke empat dia (Ririn) mulai panik, hari ke lima dia hubungin keluarga gua. Dia juga minta cariin suaminya di hutan Kalimantan," lanjutnya.

Dijelaskan Ibnu Jamil, memang agenda liburannya ke Kalimantan itu sudah direncanakan sebelum menikah dengan Ririn. Ia juga sudah mendapat izin dari istrinya itu.

Saat perjalanannya kejadian Ibnu Jamil mengaku memang sulit mencari jalan keluar dari salah satu hutan di Kalimantan. Persediaan logistiknya pun disebut sudah hampir habis.

"Yang di Kalimantan gua dapat izin, ya gua dapat sebelum nikah," tutur Ibnu Jamil.

"Saat itu tidak ada yang bisa nemukan kita. Kita saat itu bergerak terus untuk menempuh jalur itu. Ya emang logistik udah mau abis saat itu," lanjutnya.

Perjalanan itu rupanya memberikan bekas kenangan yang menarik bagi Ibnu Jamil. Ia mengaku langsung menangis ketika pertama kali melihat warga usai menempuh perjalan disalah satu hutan daerah Kalimantan itu.

Saat itu Ibnu Jamil mulai teringat keluarga dan sang istri. Namun hal itu tak ia ceritakan kepada teman-teman seperjalanannya karena khawatir menimbulkan kekacauan pada perjalanannya itu.

"Ya pertama kali gua ketemu sama orang lokal itu gua nangis. Baru kali itu gua nangis," ungkap Ibnu Jamil.

"Gua jadi kayak ngerasa ya 6 hari 5 malam itu gua mikir gua 2 minggu nikah ya gua punya istri, gua mikir mereka lagi apa. Itu yang gua pikirin. Ya tapi emang sebisa mungkin hal-hal itu jangan dibikin down mental temen kita," sambungnya.

Ketika bertemu warga lokal, Ibnu Jamil langsung berusaha mencari sinyal ponsel untuk menghubungi Ririn Ekawati. Saat menelepon, saat itu Ririn usai solat sambil berdoa demi keselamatan suaminya itu.

Ririn disebut langsung menangis ketika menerima telepon dari Ibnu Jamil. Laki-laki 38 tahun itu mengaku sangat takut karena hampir satu minggu tak memberikan kabar ke Ririn Ekawati.

"Saat itu istri gua lagi solat. Gua telepon dia lagi berdoa. Ya dia nangis, ya gua lega," tuturnya.

"Jujur ada takut-takutnya diomelin. Ya tapi dia nggak marah. Tapi abis itu langsung kasih kabar ke keluarga masing-masing," tutup Ibnu Jamil.

(pig/aay)