Sebelum Hasyakyla Utami, Aurel-Aura Kasih Juga Pernah Alami Pelecehan Seksual

Dicky Ardian, Tim detikcom - detikHot
Jumat, 26 Mar 2021 10:06 WIB
Aura Kasih saat ditemui di kawasan Senayan.
Aura Kasih jadi salah satu artis yang jadi korban pelecehan seksual. Foto: Palevi S/detikFoto
Jakarta -

Pelecehan seksual kerap menimpa para selebriti sebagai korban. Selain Hasyakyla Utami yang baru mengalaminya, ada juga sederet artis yang pernah merasakan hal yang sama.

Berikut adalah sederet artis yang pernah menjadi korban pelecehan seksual secara langsung maupun di media sosial.

1. Soraya Larasati

Soraya LarasatiSoraya Larasati Foto: Soraya Larasati (Vey/detikHOT)

Soraya Larasati beberapa waktu lalu pernah membuat satu keterangan dalam Instagram miliknya. Dalam keterangan itu, Soraya Larasati menyampaikan dirinya kena begal payudara saat lari pagi.

Soraya Larasati kaget bukan main. Ia sama sekali tidak menyangka hal itu bisa terjadi padanya. Padahal secara penampilan, Soraya Larasati sangat amat tertutup. Tidak ambil diam dengan masalah itu, Soraya Larasati akhirnya memutuskan untuk melaporkan kasus ini ke pihak kepolisian.

2. Aurel Hermansyah

Pesta Ulang Tahun Aurel HermansyahPesta Ulang Tahun Aurel Hermansyah Foto: Instagram

Aurel Hermansyah juga menjadi salah satu seleb yang mendapat pelecehan seksual. Pelecehan seksual yang dialami Aurel Hermansyah ini melalui media sosial. Akun @mantanaurelhermansyah menuliskan perkataan yang tidak pantas.

"Masih Enak Nggak Aurel Bekasan Gue? Payudaranya Udah Gue Besarin, Tapi Mohon Maaf Keperawanannya Udah Pecah (Emoji tertawa) @attahalilintar," satu-satunya isi postingan akun tersebut.

Hal itu membuat Atta Halilintar murka. Bahkan link bio tersebut menuliskan perkataan yang benar-benar melecehkan Aurel.

"Kepo Masa Lalu Aurel??? DM Saya. Mau Payudara Besar Seperti Aurel Saya Jagonya, Dijamin Enak Pelan Pelan.." bio yang tertulis pada akun tersebut.


3. Via Vallen

Via VallenVia Vallen Foto: Dok. Instagram/viavallen

Via Vallen pernah menjadi perbincangan lantaran masalah pelecehan seksual. Melalui DM di Instagram miliknya, Via Vallen memberitahu ada salah satu pemain sepakbola yang memberikan pesan tidak pantas. Meski tidak menyampaikan secara langsung, tapi banyak yang sudah menduga oknum pemain sepakbola yang melakukan itu. Kasus ini juga sampai membuat Via Vallen was-was.


4. Dewi Perssik

Dewi Perssik dan sang suami saat ditemui di studio Trans TV.Dewi Perssik dan sang suami saat ditemui di studio Trans TV. Foto: Noel/detikFoto

Siapa yang nggak tahu Dewi Perssik dengan penampilannya yang selalu mencuri perhatian. Satu hari saat tengah melakukan sesi tanya jawab oleh beberapa media, Dewi Perssik sempat memberi hadiah pukulan kepada seorang pria. Kala itu sang pria tiba-tiba saja menyentuh payudara sang pedangdut. Tidak terima dengan apa yang didapatkannya, Dewi Perssik langsung mengejar dan memukul sang pelaku.

5. Hannah Al Rashid

Hannah Al Rashid saat berkunjung ke kantor detikcom.Hannah Al Rashid saat berkunjung ke kantor detikcom. Foto: Asep Syaifullah/detikHOT

Aktris cantik yang satu ini juga pernah bercerita soal pengalamannya. Saat jalan, tiba-tiba saja ada yang meraba bagian tubuhnya. Tak hanya sampai di situ, Hannah Al Rasyid juga pernah ditunjukkan alat kelamin pria dan di sana sang pria melakukan masturbasi. Hingga saat ini Hannah Al Rasyid menjadi garda paling depan untuk melawan pelecehan itu.


6. Cinta Kuya

Semakin Imut Saja Nih Cinta KuyaSemakin Imut Saja Nih Cinta Kuya Foto: Dok. Instagram/cintakuya

Anak pertama pasangan Uya Kuya dan Astrid Kuya ini belakangan juga mendapatkan pelecehan dalam DM di Instagram miliknya. Sebuah akun Twitter bernama @sukasamaartis posting satu foto Cinta Kuya.

"Masii kecil tapi udah gede," tulis akun tersebut yang kini sudah menghapus postingannya.

Kesal melihat postingan tersebut, Cinta Kuya akhirnya menuangkan perasaannya.

"Tolong bisakah kalian semua melaporkan akun itu sehingga tidak ada lagi korban lainnya? Aku sangat sedih melihat akun tersebut isinya itu dan... benar-benar tak bisa berkata-kata..." tulisnya di akun resminya @cintarahmaniaa.

"Ada apa sih dengan orang-orang seperti itu bodoh dan aku harap kalian semua masuk neraka. Aku tidak percaya diri lagi," tukasnya.

Aura Kasih juga menjadi korban pelecehan seksual di halaman selanjutnya.


7. Aura Kasih

aura kasihaura kasih Foto: Instagram @aurakasih

Setelah melahirkan, Aura Kasih juga sempat mendapat perlakuan kurang sopan dari akun Yan Widjaya. Cuitan soal 'pabrik susu' itu membuat Aura Kasih merasa tidak nyaman.

Meski cuitan tersebut sudah dihapus oleh pemilik akun, Aura Kasih tetap memberikan peringatan.

"Yang terhormat bapak Yan Wijaya, Atas nama seorang ibu, pejuang ASI dan mewakili banyak perempuan di Indonesia, menghimbau bapak untuk bosa menahan mata, jiwa dan ahlak dalam bertutur disosial media. Anda orang pintar membolak balikan kata, tapi vibrasi niat anda terasa di kami semua sebagai pelecehan terhadap kaum perempuan tidak hanya saya.
Tidak hanya satu, Aura Kasih meluapkan protesnya di Instagram Stories. Aura Kasih menegaskan seorang pria sudah semestinya santun kepada perempuan," tulis Aura Kasih.

"Kalian sebagai wanita, sebagai ibu yg sedang menyusui di lecehkan dg kata2 yang tidak sopan... apa yg akan kalian lakukan?? laki2 harus santun kepada perempuan, kalian lahir darimana? setetes air susu ibu itu yang membuat kalian hidup...," tutur Aura Kasih panjang lebar.

8. Hasyakyla Utami

hasyakyla kakak adhisty zara JKT48Hasyakyla Utami Foto: dok instagram @hasyakyla

Hasyakyla Utami mendapat perlakuan tak senonoh di media sosial. Seseorang menunjukkan kemaluan pria ketika live Instagram dengannya.

Saat live berlangsung, Hasyakyla Utami menyebut orang itu sebagai Kak Iin. Kemudian banyak yang menduga orang yang dimaksud adalah Iin Waode, koreografer JKT48.

Namun kepada detikcom, Kamis (25/3/2021), Iin Waode membantah ia sebagai orang yang melakukan pelecehan tersebut.

"Aku bingung jelasinnya, soalnya aku pun tahu karena Kyla yang langsung hubungi aku kemarin pas kejadian," ujarnya melalui pesan di Instagram.

Awalnya, Hasyakyla live IG sendiri. Kemudian ada sosok yang mengajaknya untuk live bareng. Hasyakyla Utami mengira ajakan tersebut dari sosok temannya, Iin Waode.

Dengan alasan tersebut, Hasyakyla pun tak menolak ajakan live itu. Bahkan awalnya, mereka saling mengajukan pertanyaan dalam sesi live tersebut.

"Live barenglah. Ayo, Kak Iin. Tapi, sebentar lagi aku mau makan, sudah dipanggil oleh kanjeng ratu (ibu). 'Kak Iin mau live bareng." ucap Hasyakyla Utami sambil membacakan komentar dari orang tersebut.

(dar/)