Jenazah Asmiar Yahya Dimakamkan Satu Liang Lahat dengan Suami

Febriyantino Nur Pratama - detikHot
Kamis, 04 Mar 2021 16:10 WIB
Pemakaman Asmiar Yahya
Pemakaman Asmiar Yahya dalam satu liang lahat sang suami yang sudah lebih dulu meninggal dunia 10 tahun lalu Foto: Febriyantino
Jakarta -

Jenazah artis senior Asmiar Yahya dimakamkan satu pusara dengan suaminya yang meninggal 10 tahun lalu. Apa alasannya?

Yulia Yahya, anak Asmiar Yahya yang juga artis memberikan penjelasan.

"Papa saya sudah meninggal 10 tahun, karena kita sebagai anak-anaknya (merasa) lebih baik ditumpuk dengan (jenazah) Papa, karena makam ini sudah penuh," kata Yulia Yahya di TPU Malaka II Pondok Kopi Jakarta Timur, Kamis (4/3/2021).

Alasan lahan yang sudah sempit dan penuh akhirnya membuat Asmiar Yahya dan sang suami kembali bersama. Yulia juga menuturkan tak ingin membuat makam-makam yang lain justru terkena imbas jika dipaksakan untuk membuat liang lahat baru.

"Jadi, kita tidak mau menyusahkan dan mengambil hak yang lain. Lebih baik ditumpuk sama Papa, ini kan bukan makam sesuatu yang kita puja, doa anak-anak yang saleh dan salihah saja, amal ibadahnya, sedekahnya. Jadi lebih baik ditumpuk sama Papa," bebernya.

Asmiar Yahya juga pernah berpesan ingin berdampingan dengan makam sang suami kelak dirinya tiada.

"Ya, Mama maunya berdampingan, tapi buat Mama apa saja, Mama kan bukan yang mengharuskan. Jadi walaupun Mama pernah mention bahwa sama Papa aja, itu keinginan terakhir, keinginan kita juga. Papa sama Mama dalam satu makam," bebernya.

Selain itu, disinggung keinginan yang belum tercapai dari sosok Asmiar Yahya. Yulia menyebut sang bunda hanya ingin menikmati masa tuanya dengan bahagia.

"Mama tuh sebenarnya keinginannya, seperti orang tua biasanya. Mama selalu berucap, Mama bahagia. Mama ingin umrah lagi, tapi karena pandemi tidak bisa umrah. Itu saja. Simpel aja, Mama tuh tipe orang yang tidak bisa diam," cerita Yulia Yahya.

"Cerita sama suster, punya butik, itulah Mama, yang sehari-hari bekerja. Di akhir hidup Mama, diizinkan Allah beristirahat saja, dengan semua doa yang kita berikan ke Mama," pungkasnya.



Simak Video "Asmiar Yahya Sempat Terpapar Corona Sebelum Meninggal"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)