Sosok Asmiar Yahya di Mata PARFI

Hanif Hawari - detikHot
Kamis, 04 Mar 2021 06:30 WIB
Asmiar Yahya meninggal dunia
Asmiar Yahya dikenang sahabat sebagai sosok yang berdedikasi. Foto: (YouTube Parfi)
Jakarta -

Meninggalnya artis senior Asmiar Yahya menyisakan duka mendalam bagi orang-orang terdekatnya. Tak terkecuali mereka yang tergabung dalam Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI).

Menurut Ketua Humas Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Evry Joe, dia begitu terpukul dengan kepergian sang artis. Ia pun mewakili keluarga PARFI untuk mengucapkan belasungkawa.

"Saya mengucapkan innalillahi wainailaihirojiun telah berpulang senior kita ibu Asmiar Yahya pada sore ini Rabu pukul 16.00 WIB di Rumah Sakit Mayapada," ujar Evry Joe kepada detikcom, Rabu (3/3/2021).

"Beliau selama hidup mengabdi di seni peran, di dunia perfilman Indonesia, kami pengurus Persatuan Artis Film Indonesia mengucapkan belasungkawa duka cita sedalam-dalamnya," sambungnya lagi.

Evry Joe berharap almarhum diberikan tempat terbaik di sisi-Nya. Ia juga berdoa agar mendiang Asmiar Yahya dihapuskan dosa-dosanya selama hidup di dunia.

"Semoga kakanda saudara kita ibu Asmiar Yahya berpulang dengan husnul khotimah dan diampunkan segala dosa-dosanya ya Allah," kata Evry Joe.

Semasa hidupnya, Asmiar Yahya dikenal sebagai pribadi yang supel. Evry Joe pun menganggap mendiang aktris senior itu telah banyak menciptakan karya seni berkualitas.

"Semoga karya-karya beliau selama hidup mengabdi di dunia perfilman Indonesia meninggalkan karya-karya yang bagus selama hidup saya mengenal beliau," tuturnya.

"Beliau cukup rajin berorganisasi, beliau rajin bersosial bersama-sama dengan senior-senior yang lain. Selamat jalan kakanda Asmiar Yahya semoga surga menantimu," tutup Evry Joe.

Diketahui, Asmiar Yahya mengembuskan napas terakhir pada 3 Maret 2021 pukul 16.30 WIB. Jenazahnya akan dimakamkan di TPU Malaka II, Pondok Kopi, Jakarta Timur pada 4 Maret 2021.

Sosok Asmiar Yahya dikenal lewat berbagai film drama dan sinetron di era 1980-an. Sinetron-sinetron lawasnya tayang di TVRI dan menjadi artis yang cukup dikenal.

Wajah Asmiar Yahya juga masih menghiasi layar kaca dan dunia hiburan lewat peran-perannya. Salah satu yang dikenang adalah film Kiamat Sudah Dekat besutan Deddy Mizwar yang tayang di tahun 2003. Dia pun aktif di dunia fashion dan jadi bintang iklan.

Asmiar Yahya juga merupakan salah satu artis yang jadi anggota dan pengurus HAPSI (Himpunan Artis Pengusaha Indonesia). Himpunan ini diisi oleh sederet nama seperti Machica Mochtar, Ida Leman, Puput Novel, hingga Shanker RS.

Asmiar Yahya menjadi anggota HAPSI sejak awal berdirinya di tahun 2017. HAPSI punya misi sebagai wadah pemberdayaan artis di bidang ekonomi.

(hnh/aay)