Asmiar Yahya Meninggal Dunia, Keluarga Beritahu Penyebabnya

Hanif Hawari - detikHot
Rabu, 03 Mar 2021 20:00 WIB
Asmiar Yahya meninggal dunia
Asmiar Yahya meninggal dunia karena sakit. Foto: (YouTube Parfi)
Jakarta -

Artis senior Asmiar Yahya yang dulu mewarnai televisi Indonesia di era kejayaan TVRI meninggal dunia pada Rabu (3/3/2021) sore. Asmiar Yahya sempat dirawat di Rumah Sakit Mayapada, Jakarta, sebelum meninggal dunia.

Pihak keluarga lewat Ketua Humas Persaturan Artis Film Indonesia (PARFI) memberikan keterangan terkait penyebab meninggalnya Asmiar Yahya. Rupanya, sang aktris memiliki beberapa riwayat penyakit.

Semasa hidupnya, Asmiar Yahya punya riwayat sakit jantung. Tidak hanya itu, dia juga pernah mengidap sakit paru-paru.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Humas Persatuan Artis Film Indonesia (PARFI), Evry Joe. Ia mendapatkan kabar tersebut dari keponakan Asmiar Yahya.

"Bahwa beliau meninggal karena memiliki riwayat jantung ya, jantung kemudian komplikasi ke paru akhirnya," kata Evry Joe kepada detikcom, Rabu (3/3/2021).

Evry Joe juga menjelaskan bahwa Asmiar Yahya sempat terpapar COVID-19. Hanya saja usai pemeriksaan dia sudah dinyatakan negatif oleh pihak rumah sakit.

Kini Asmiar Yahya sudah dibawa pulang dari Rumah Sakit Mayapada oleh pihak keluarga. Jenazahnya disemayamkan di kediaman Asmiar Yahya di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

"Makanya pihak keluarga membawa almarhumah pulang karena di PCR beliau negatif walaupun awalnya dikira terpapar virua Corona. Sekarang dinyatakan tidak karena PCR beliau negatif dan almarhum dibawa pulang ke rumah," pungkas Evry Joe.

Sosok Asmiar Yahya dikenal lewat berbagai film drama dan sinetron di era 1980-an. Sinetron-sinetron lawasnya tayang di TVRI dan menjadi artis yang cukup dikenal.

Wajah Asmiar Yahya juga masih menghiasi layar kaca dan dunia hiburan lewat peran-perannya. Salah satu yang dikenang adalah film Kiamat Sudah Dekat besutan Deddy Mizwar yang tayang di tahun 2003. Dia pun aktif di dunia fashion dan jadi bintang iklan.

Asmiar Yahya juga merupakan salah satu artis yang jadi anggota dan pengurus HAPSI (Himpunan Artis Pengusaha Indonesia). Himpunan ini diisi oleh sederet nama seperti Machica Mochtar, Ida Leman, Puput Novel, hingga Shanker RS.

Asmiar Yahya menjadi anggota HAPSI sejak awal berdirinya di tahun 2017. HAPSI punya misi sebagai wadah pemberdayaan artis di bidang ekonomi.

(hnh/aay)