Kwong Wa, Biksu Tong yang Sempat Depresi dan Punya Putra Jadi Pahlawan

Asep Syaifullah - detikHot
Kamis, 04 Mar 2021 08:07 WIB
Aktor Kwong Wa pemeran Journey to the West
Aktor Kwong Wa di Journey to the West. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Bicara tentang serial Journey to the West, tentunya kita akan teringat dengan karakter Biksu Tong yang diperankan oleh Kwong Wa.

Bersama dengan Dicky Cheung, ia berhasil meraup sukses besar lewat serial yang tayang pada era 90'an itu. Karier Kwong Wa dimulai dengan cemerlang saat ia tampil sebagai pasien kanker di film Life Goes On pada 1989.

Penampilan perdananya itu pun berhasil membuat Kwong Wa mendapatkan piala Best New Actor dalam ajang penghargaan Hong Kong Film Awards ke-9.

Kariernya sempat berada di puncak setelah ia tampil dalam serial komedi bertajuk The King of Yesterday and Tomorrow pada 2003. Kala itu Kwong Wa berperan sebagai Kaisar Yongzheng dan disukai oleh banyak orang dan meraih rating tertinggi.

Setelahnya kariernya pun meredup, apalagi usai pemilik nama lengkap Chan Muk-wa itu mengalami cedera tulang belakang, ia sempat mengalami depresi dan memutuskan untuk vakum dari dunia hiburan hingga beberapa tahun.

Selama vakum tersebut, Kwong Wa pun menjalani pekerjaan baru sebagai pengusaha asuransi kesehatan. Dalam sebuah wawancara pada 2015, ia bahkan mengatakan bahwa dirinya sudah tak tertarik dengan dunia seni peran.

Ia pun kini lebih memilih berada di balik layar dan mencari investor yang mau mendanai proyek filmnya.

Aktor Kwong Wa pemeran Journey to the WestAktor Kwong Wa pemeran Journey to the West Foto: dok. Istimewa

"Aku tak punya rasa ketertarikan dengan akting lagi dengan tak adanya naskah dan pemain yang menarik. Aku lebih suka bagian produksinya," ungkapnya dilansir dari ahmike.com.

Setelahnya tak ada kabar sama sekali tentang Kwong Wa, hingga pada awal-awal pandemi Corona di 2020. Nama Kwong Wa kembali mengisi beberapa media setelah tindakan heroik yang dilakukan putranya, Bryan Chan, yang merupakan mahasiswa jurusan Keperawatan.

Dilansir dari Today Online, Bryan dijuluki pahlawan usai memutuskan untuk menjadi tenaga medis yang merawat para pasien COVID-19 di Hong Kong. Hal itu pun membuat aktor berusia 58 tahun itu bangga.

"Itu adalah hal yang benar untuk dilakukan. Ini adalah tanggung jawab seorang tenaga medis. Aku sangat bangga padanya," tutur Kwong Wa.

Kwong WA dan istrinya, Connie Mak, tak khawatir putranya itu terpapar virus. Mereka percaya bahwa Bryan adalah anak yang rajin dan disiplin dalam menjaga kebersihan serta kesehatannya.

Simak juga 'Journey to The West 2, Petualangan Biksu Tang dan Kera Sakti ke Barat':

[Gambas:Video 20detik]



(ass/aay)