Pro Kontra Charly Van Houten Jadi Duta Pendidikan Jawa Barat

Dony Indra Ramadhan - detikHot
Sabtu, 20 Feb 2021 21:05 WIB
Charly Van Houten
Charly van Houten jadi duta pendidikan Jawa Barat Foto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta -

Charly van Houten ditunjuk menjadi duta pendidikan Jawa Barat. Namun, kabar Charly menjadi duta pendidikan ini menuai pro dan kontra. Apa kata Charly?

"Pro kontra biasa, biasa pro kontra biasa bagaimana pro kontra mencerdaskan bangsa jangan malah nol. Ini mencerdaskan bangsa termasuk diri aku," ucap Charly saat ditemui di The Trans Luxury Hotel, Jalan Gatot Soebroto, Kota Bandung, Sabtu (20/2/2021).

Charly mengatakan predikat duta pendidikan baginya hanya sebuah kata-kata. Lebih dari itu, dia akan membuktikan dengan karya nyata bagaimana pedulinya dia terhadap pendidikan.

"Untuk urusan duta ini bagi aku hanya sekedar kata-kata, artinya misalkan utusan, dasar sebuah bagaimana negara maju menciptakan generasi bangsa. Bagi aku bukan persoalan dutanya tapi lebih ke karya nyata, ayo berkarya tentang pendidikan, ayo bersama menggandeng," tuturnya.

"Makanya aku punya ke depan, pendidikan masa depan harus berbasis kasih sayang, bukan yang dulu tidak ada kasih sayang, tapi menjadi basis, menjadi spirit," kata dia menambahkan.

Vokalis 'Setia Band' itu berujar, kecintaannya terhadap dunia pendidikan sudah dibuktikan sejak lama. Ia bercerita saat dulu bertemu bocah bernama Sinar asal Polewali Mandar yang hidupnya memprihatinkan dan harus berjalan kaki ke sekolah selama berjam-jam. Pertemuannya dengan Sinar, menghasilkan karya lagu berjudul 'Sinar Jangan Menangis'.

Selain Sinar, Charly van Houten juga pernah bertemu dengan guru bernama Een Sukaesih asal Sumedang. Bahkan pelantun 'Saat Terakhir' itupun membuatkan lagu khusus buat Bu Een yang diberi judul 'Lagu Untuk Guru'.

"Aku bukan ujug-ujug, mungkin orang taunya aku di entertainment, musik saja, dari dulu juga aku pelaku budaya dan itu ada karyanya. Dari dulu 2007 aku keliling seluruh Indonesia sampai ketemu Sinar, sama Bu Eem di Sumedang bikin lagu dan keliling seluruh pesantren, nggak berhenti dengan modal ku sendiri tanpa instansi," kata dia.

"Ini apa ya bukan aku pencitraan, ini kesukaan aku. Jadi ketika aku punya karir ingin buat 'Kangen Sekolah' ini kenapa aku bikin pendidikan berbasis kasih sayang ya ayo kita berkarir bareng-bareng pendidikan bagimana, saat ini harus bisa sama-sama membangun. Siapapun boleh jadi duta, nggak penting persoalan duta yang penting karya nyata kalau kita ingin maju," imbuhnya.

Charly van Houten sebelumnya bercerita tentang dia yang ditunjuk jadi duta pendidikan Jawa Barat. Hal itu bermula dari pertemuannya dengan Gubernur Jabar Ridwan Kamil dan istrinya, Atalia Praratya atau yang akrab disapa Si Cinta.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Penjelasan Ruri soal Charly Van Houten Jadi Vokalis Repvblik"
[Gambas:Video 20detik]