Charly Van Houten Buka Suara soal Kabar Jadi Duta Pendidikan

Dicky Ardian - detikHot
Rabu, 27 Jan 2021 12:39 WIB
Charly Van Houten
Charly Van Houtenbuka suara soal kabar jadi duta pendidikan Foto: Gus Mun/detikHOT
Jakarta -

Lama tak terdengar suaranya, Charly Van Houten datang dengan kabar mengejutkan. Ia disebut menjadi Duta Pendidikan Jawa Barat.

Kabar tersebut hadir usai beredar foto Charly Van Houten berpose bersama Ridwan Kamil, Gubernur Jawa Barat, dan istrinya, Atalia Praratya atau yang akrab disapa Si Cinta.

Charly Van Houten menyebut foto itu ada karena sebuah pertemuan. Ridwan Kamil dan istri terlibat dalam sebuah proyek video musik garapan Charly Van Houten.

"Kebetulan diawali dari projek klip lagu Bersepeda yang kebetulan figur Kang Emil dan Ibu Cinta menjadi model klip dari lagu dari tersebut dan kebetulan lokasi shot-nya mengambil di Bandung bersama teman-teman di Bandung," kata Charly saat dihubungi melalui pesan tertulis, belum lama ini.

Pada kesempatan itu, Ridwan Kamil berbincang dengan Charly Van Houten. Ia menyampaikan sebuah keinginan ke sosok musisi yang akrab dengan lagu-lagu pop-nya tersebut.

Pria yang akrab disapa Kang Emil tersebut ingin Charly Van Houten membuatkan lagu bertema spirit Jawa Barat. Gayung bersambut, Charly Van Houten kebetulan memang sedang dalam proses penggarapan lagu berjudul Kangen Sekolah.

Ia pun menyampaikan rencana yang dimilikinya ke Ridwan Kamil. Charly Van Houten mengungkapkan lagu Kangen Sekolah bakal dibawakan oleh anaknya, Asmara Nacha dan Restu Gibran yang bakal berkolaborasi dengan anak angkat Ruben Onsu serta Sarwendah, Betrand Peto.

"Lalu karya lagu itu ditangkap oleh perwakilan KCD 6 Jabar yang dipimpin oleh Ibu Ester beserta team dari Konsultan Pendidikan Peradaban 571. Lalu konsep karya ini dibawa Ke Bapak Dedi Supandi sebagai Kadisdik Jabar yang alhamdulillah direspon dengan sangat baik dan bahkan seluruh Instansi Pendidikan Jabar pun mendukung untuk karya lagu Kangen Sekolah ini," kata Charly Van Houten.

Rencananya lagu tersebut akan dikenalkan ke semua sekolah di Jawa Barat. Kangen Sekolah diharapkan bisa memberikan semangat bagi peserta didik di Jawa Barat. Hal itu kemudian yang mendorong Kantor Cabang Dinas Pendidikan Jawa Barat dan Peradaban 571 menjadikan Charly Van Houten sebagai Duta Pendidikan.

Charly Van Houten buka suara soal dirinya yang disebut jadi duta pendidikanCharly Van Houten buka suara soal dirinya yang disebut jadi duta pendidikan Foto: dok. Istimewa

Meski begitu, pada kesempatan berbeda, Disdik Jabar membantah telah memberikan gelar itu ke Charly Van Houten. Hal tersebut juga kemudian disambut oleh sang musisi dengan santai. Menurutnya gelar tersebut tidak terlalu membuatnya pusing karena dirinya lebih ingin memberikan yang bisa ia berikan.

"Pro dan kontra itu lumrah dan manusiawi. Bagi aku Duta itu hanya sebuah kata dan bukan juga lencana. Yang paling terpenting mari kita sama-sama berkarya dengan nyata dan tidak perlu banyak bicara. Meski aku hanya memiliki setetes ilmu dan karya yang kita punya semoga akan menjadi cahaya bagi penerus generasi bangsa," kata Charly Van Houten.

"Pendidikan bukan hanya kegiatan belajar mengajar formal di kelas, pendidikan juga menyangkut bagaimana pemerintah memberikan edukasi kepada seluruh anak bangsa dalam setiap sendi kehidupan; formal, informal, dan nonformal. Duta adalah orang yang membawa misi. Charly Van Houten menjadi Duta Pendidikan dengan salah satu misinya mengejawantahkan pelaksanaan pendidikan berbasis kasih sayang," lanjutnya.



Simak Video "Penjelasan Ruri soal Charly Van Houten Jadi Vokalis Repvblik"
[Gambas:Video 20detik]
(dar/pus)