Penjelasan Ridwan Remin soal Panggilan KPAI Terkait Dugaan Hina Betrand Peto

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 15 Feb 2021 16:02 WIB
Komedian Ridwan Remin saat memberi keterangan di gedung KPAI Menteng, Jakarta, Senin, (15/2/2021).
Penjelasan Ridwan Remin soal Panggilan KPAI Terkait Dugaan Hina Betrand Peto. (Foto: Palevi/detikcom)
Jakarta -

Komika Ridwan Remin penuhi panggilan KPAI terkait dugaan singgung putra Ruben Onsu, Betrand Peto. Ridwan hadir menyambangi KPAI ditemani kuasa hukumnya, Rando Vittoro Hasibuan.

Dengan santai Ridwan Remin menjawab pertanyaan awak media. Disebutnya, ia hanya memenuhi panggilan atas laporan yang dilayangkan adik Ruben Onsu, Jordi Onsu, kepadanya.

"Silaturahmi saja. Kita diundang ke sini atas pengaduan Jordi Onsu. Ya sudah, datang," kata Ridwan Remin di gedung KPAI, kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2021).

Dijelaskan Ridwan Remin dalam pemeriksaannya, ia menjelaskan dan menjawab hal-hal yang terjadi dalam video viralnya itu. Diketahui video tersebut memang tampak Ridwan Remin seakan menyinggung Betrand Peto.

Proses pemeriksaan Ridwan Remin pun berjalan kurang lebih satu jam.

"Ditanya-tanya soal video yang ramai di YouTube kemarin. Klarifikasi dan ceritakan kronologinya semua. Kenapa bikin video itu semuanya? Ya ngejelasinlah," tuturnya.

Selain mendapatkan pertanyaan terkait videonya yang viral itu, Ridwan Remin mengaku sempat diberikan nasihat oleh KPAI. Hal itu bersangkutan dengan materi komedinya selanjutnya dengan perlindungan anak.

"Tadi KPAI lebih kepada kita sama-sama untuk melindungi anak. Menurut KPAI, bukan hanya peran orangtua dan pemerintah, tapi peran masyarakat," jelasnya Ridwan.

"Kita sama-samalah ketika ada video atau kata-kata yang kurang berkenan. Mungkin bisa jadi konsumsi anak dan bisa disaksikan sama anak-anak jadi hal negatif," tuturnya.

Diketahui dalam kasus ini, Ridwan Remin sempat mengunggah video stand up-nya di Youtubenya. Dalam video itu, dirinya membawakan materi soal Betrand Peto dan Sarwendah Tan pada 2019 silam.

Hal itu membuat publik kemudian mulai berkomentar. Ridwan Remin disebut sudah menyinggung Betrand Peto yang kini masih di bawah umur.

(pig/mau)