Aduan Jordi Onsu ke KPAI soal Ridwan Remin Singgung Betrand Peto Dicabut

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 15 Feb 2021 15:11 WIB
Komedian Ridwan Remin saat memberi keterangan di gedung KPAI Menteng, Jakarta, Senin, (15/2/2021).
Laporan Jordi Onsu ke KPAI terkait aksi Ridwan Remin me-roasting Betrand Petoo dicabut Foto: Palevi/detikcom
Jakarta -

Beberapa waktu lalu nama komika Ridwan Remin disebut menyinggung Betrand Peto lewat aksi stand up komedinya. Hal itu memicu perseteruan yang kemudian membuat Ridwan Remin dilaporkan ke KPAI oleh Jordi Onsu.

Hal itu sebagai bentuk kekecewaan Ruben Onsu selaku ayah sambung Betrand Peto kepada materi komedi yang dibawakan Ridwan Remin.

Meski begitu kini laporan tersebut resmi dicabut. Hal ini dijelaskan Susanto selaku Ketua KPAI saat dijumpai di Gedung KPAI, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (15/2/2021).

"Ya ini memang diadukan, tetapi aduannya sudah dicabut. Tetapi sekali lagi KPAI bekerja tidak semata-mata berbasis pengaduan. Tapi juga berbasis hasil pengawasan," ujar Susanto.

Disebut Susanto, memang ada unsur pelecehan dalam materi komedi Ridwan Remin saat itu. Salah satu komika jebolan ajang pencarian bakat itu diduga menyinggung Betrand Peto yang statusnya masih di bawah umur.

Susanto menegaskan, Ridwan Remin sudah hadir dalam pemanggilan pihak KPAI hari ini. Ridwan disebut sudah mengklarifikasi dan ingin memperbaiki materi komedinya itu.

"Ya ada (menyinggung Betrand) kata-kata yang memang butuh kita luruskan lah. Tapi Mas Ridwan sudah sangat welcome, ke depan ingin memperbaiki. Saya kira ini tantangan sekaligus peluang untuk semua komedian dan para pekerja seni," tutur Susanto.

Ditegaskan Susanto, Ridwan sempat mengaku dirinya memang melakukan kesalahan karena diduga menyinggung Betrand Peto. Ridwan dalam klarifikasinya menerima masukan dari KPAI untuk memperbaiki candaannya dalam menjalani profesi sebagai komedian.

"Intinya itu ya (Ridwan mengaku salah)" tegas Susanto.

"Ya prinsipnya begini, Mas Ridwan tadi menyampaikan ke kami input yang disampaikan KPAI beliau terima dengan baik. Dan ke depan masukan-masukan KPAI sangat diperhatikan untuk perbaikan," tambahnya.

Lebih lanjut, Susanto menjelaskan terkait adanya pelanggaran pada materi komedi Ridwan Remin.

Susanto menegaskan masih banyak hal-hal yang perlu diklarifikasi, dalami dan diberikan penjelasan lebih lanjut. Hal itu berkaitan dengan teman-teman seprofesi Ridwan Remin dalam membuat karya seni ke depannya.

"Ada beberapa yang masih harus kami klarifikasi, dalami, berikan penjelasan-penjelasan dan juga motivasi agar teman termasuk Mas Ridwan sangat memperhatikan etika dengan terkait perlindungan anak," tutup Susanto.



Simak Video "Singgung Betrand Peto-Sarwendah, Komika Ridwan Remin Dipanggil KPAI"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/pus)