Ridho Ilahi Bakal Bebas 5 Bulan Lagi?

Hanif Hawari - detikHot
Selasa, 02 Feb 2021 09:20 WIB
Ridho Illahi - Trans TV
Ridho Illahi segera bebas. Foto: 20Detik
Jakarta -

Pengajuan asimilasi oleh Deddy J Syamsudin terhadap kliennya, Ridho Ilahi, diterima pihak Rumah Tahanan (Rutan) Salemba, Jakarta Pusat, Senin (1/2/2020). Permohonan itu pun disambut baik oleh pihak rutan.

Hal tersebut diutarakan Deddy J Syamsudin setelah mengajukan asimilasi. Ia menyebutkan bahwa pihaknya akan memindahkan lokasi penahanan Ridho Ilahi, dari Rutan Polres Jakarta Barat ke Rutan Salemba.

"Saya baru menghadap bagian asimilasi yaitu dengan bapak Urham. Direspons secara positif permohonan asimilasi kami," ujar Deddy J Syamsudin.

"Kami harus meminta pada Kejari, untuk penahanannya dipindah ke sini (Salemba) karena saat ini masih dititipkan di Polres Jakarta Barat. Penahanan dipindah ke sini merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan remisi dikabulkannya asimilasi," sambungnya.

Mengingat asimilasi yang diajukan telah diterima oleh pihak rutin, Deddy J Syamsudin berharap kliennya bisa segera bebas. Harapannya, Ridho Ilahi dapat keluar penjara per bulan Juni mendatang.

"Insyallah, doakan mudah-mudahan di tahun ini di bulan Juni bisa dibebaskan Bang Ridho Ilahi, mudah-mudahan," ucap Deddy J Syamsudin.

Terlebih, kata Deddy J Syamsudin, permohonan asimilasi itu dilakukan sesuai dengan aturan dalam Permenkumham nomor 10 tahun 2020 dan nomor 32 tahun 2020 tentang Syarat Pemberian Asimilasi dan Hak Integritas Bagi Narapidana dan Anak Dalam Rangka Pencegahan dan Penanggulangan Penyebaran COVID-19.

"Kalau mengacu pada peraturan Menkumham kan sudah diperpanjang dua kali nih, seharusnya klien kami bisa bebas bulan Juni," tutur Deddy J Syamsudin.

Ibunda Ridho Ilahi, Arinda Trisnawati, menyambut baik proses yang ditempuh pengacara sang anak. Ia berdoa agar harapannya untuk berkumpul kembali dengan Ridho Ilahi bisa segera terwujud.

"Alhamdulillah seneng, bapak/bapak cepat responsnya, mudah-mudahan cepat Ridho bisa keluar. Nggak sabar buat ketemu," kata Arinda Trisnawati saat ditemui dalam kesempatan yang sama.



Simak Video "Dijanjikan Anaknya Bebas, Ibunda Ridho Illahi Malah Ditipu Oknum"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/wes)