Round Up

Riwayat Pernikahan Syekh Ali Jaber

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 21 Jan 2021 05:30 WIB
Syekh Ali Jaber meninggal dunia pagi tadi karena sakit Kamis, (14/1). Syekh Ali Jaber  adalah ulama besar dan penghapal Al-Quran yang lahir di Madinah.
Foto: Syekh Ali Jaber (dok. Istimewa)
Jakarta -

Keluarga Syekh Ali Jaber memberikan keterangan soal hal yang membuat penasaran masyarakat. Benarkah Syekh Ali Jaber punya tiga istri? Begini penuturan pihak keluarga.

Lewat asisten Syekh Ali Jaber, Ustaz Iskandar, kabar mengenai Syekh Ali Jaber punya tiga istri diklarifikasi. Sebelumnya memang ada video yang beredar menyebutkan bahwa sang ulama punya istri tiga orang.

Ustaz Iskandar menepis kabar itu. Menurut video yang beredar, Syekh Ali Jaber disebut punya istri yang berasal dari Arab namun ada di Indonesia, lalu ada juga istri orang Indonesia asli. Lebih lanjut, Ustaz Iskandar menjelaskan riwayat pernikahan Syekh Ali Jaber.

Menikah pertama, cerai di tahun 2012

Syekh Ali Jaber menikah pertama kali dengan Umi Nadia. Menurut keterangan Ustaz Iskandar, pernikahan itu terjadi ketika Syekh Ali Jaber masih sangat muda. Namun mereka berpisah di tahun 2012.

"Umi Nadia pertama itu sudah lama, Al Hasan saja sekarang umurnya mungkin 20 tahun, berarti 20 tahun lalu, Syekh Ali masih muda. Tapi dengan Umi Al Hasan itu Syekh sudah pisah," ujar Iskandar.

Menikah dengan wanita Yaman di 2013

Setahun setelah berpisah dengan Umi Nadia, Syekh Ali Jaber menikah dengan perempuan asal Yaman bernama Ummu Fahad. Dari Ummu Fahad ini Syekh Ali Jaber dikaruniai dua orang anak yaitu Fahad Ali Jaber dan Ghaits Ali Jaber. Saat ini, Ummu Fahad tengah mengandung empat bulan.

Menikah dengan Deva Rachman di 2017

Lalu di tahun 2017, Syekh Ali Jaber menikah lagi dengan Deva Rachman. Menurut Ustaz Iskandar, Deva Rachman adalah perempuan yang punya andil besar dalam perjuangan dakwah Syekh Ali Jaber di Indonesia. Tiga tahun menikah, mereka belum punya anak.

Menurut Ustaz Iskandar, Syekh Ali Jaber benar-benar ingin punya anak dari Deva Rachman. Namun Syekh Ali Jaber meninggal dunia sebelum menimang anak pertama mereka.

Ibu Deva Rachman, beliau istilahnya Khadijah-nya Syekh Ali Jaber. Masyaallah banyak membantu perjuangan dakwah Syekh Ali di Indonesia ini, Alhamdulillah. Beliau belum dikaruniai anak dan Syekh Ali sangat mengharapkan untuk bisa memiliki keturunan dari Ibu Deva Rachman. Kadarullah takdirnya Syekh Ali wafat," kata Ustaz Iskandar.

(aay/aay)