Soal Raffi, Ahok, hingga Gading Marten di Acara yang Diduga Langgar Prokes

Pingkan Anggraini - detikHot
Kamis, 14 Jan 2021 22:07 WIB
Gading Marten
Ada Gading Marten dalam acara yang diduga langgar prokes. (Foto: Gading Marten. Hanif/detikHOT)
Jakarta -

Kapolsek Mampang Kompol Sujarwo menjelaskan ada 18 orang yang hadir dalam acara ulang tahun yang dihadiri Raffi Ahmad pada Rabu, 13 Januari 2021. Dari jumlah yang ia sebutkan, Sujarwo belum bisa membeberkan siapa saja orang-orang tersebut.

Meski begitu, Sujarwo menegaskan presenter Raffi Ahmad hadir bersama istrinya, Nagita Slavina.

Selain itu, Sujarwo juga menegaskan adanya Basuki Tjahaja Purnama (BTP) alias Ahok bersama istrinya, Puput Nastiti Devi, turut hadir di acara yang diduga melanggar protokol kesehatan.

Selain itu, nama Gading Marten pun turut disebutkan Sujarwo. Hal itu disampaikan Sujarwo saat dihubungi awak media, Kamis (14/1/2021).

"Keterangan kami saat ke lokasi ada penjelasan Raffi Ahmad dan istri, Gading Marten, mantan Gubernur dan istrinya," ungkap Sujarwo.

Meski begitu, pihak Polsek Mampang masih akan mendalami kasus ini lebih jauh. Ia juga masih akan mendalami 18 orang yang hadir di acara tersebut.

"Kami masih memerlukan klarifikasi lanjutan," tutur Sujarwo.

Sujarwo mengatakan acara yang diduga melanggar protokol kesehatan terkait pandemi COVID-19 itu tidak ada pemberitahuan ke pihak kepolisian.

Lokasi acara tersebut bertempat di sebuah rumah pribadi yang masih dalam tahap pembangunan, Jalan Prapanca Buntu Nomor 3, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan.

Lebih lanjut, Sujarwo menyebut acara ulang tahun tersebut diselenggarakan secara spontan tanpa adanya undangan.

"Memang ternyata acara spontanitas, tidak ada undang-undang dan hanya 18 orang (yang hadir). Tidak ada melalui undangan, tidak ada, acara spontanitas kalau ini ulang tahun," ungkapnya.

Kejadian ini tentu menuai kontra bagi publik. Hal itu terjadi lantaran hadirnya Raffi Ahmad yang diketahui baru saja menjadi salah satu orang yang mendapat vaksin COVID-19 tahap pertama.

Terkait dengan hal itu, Raffi Ahmad sudah meminta maaf dan memberikan klarifikasinya di Instagram pribadinya. Ia juga mengaku sampai datang ke Istana Negara.

"Udah komunikasi, dijelaskan bahwa sebenarnya itu acara ulang tahunnya papanya teman saya. Sebenarnya sih masuk ke sana juga lewatin protokol kesehatan dan lain-lain," jelas Raffi saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan, Kamis (14/1/2021).

(pig/mau)