Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Ini Profilnya

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 14 Jan 2021 11:22 WIB
Syekh Ali Jaber meninggal dunia pagi tadi karena sakit Kamis, (14/1). Syekh Ali Jaber  adalah ulama besar dan penghapal Al-Quran yang lahir di Madinah.
Foto: pool/Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia, Ini Profilnya
Jakarta -

Pendakwah Syekh Ali Jaber meninggal dunia. Hal itu dikabarkan akun Instagram yayasan.syekhalijaber.

Kabar meninggalnya Ali Jaber juga diungkapkan Ustaz Yusuf Mansur. Yusuf Mansur mengabarkannya lewat Instagramnya.

Yusuf Mansur menyebut Syekh Ali Jaber meninggal dalam keadaan negatif Corona.

"Benar Syeikh Ali wafat. 08.30 WIB, sudah dalam keadaan negatif COVID. Di RS Yarsi, Cempaka Putih, Jakarta," tulis Yusuf Mansur dalam unggahannya di Instagram.

Berikut Profil Syekh Ali Jaber:

1. Lahir di Madinah

Syekh Ali Jaber lahir di Madinah, Arab Saudi pada tahun 1976. Ia anak sulung dari 12 bersaudara dan mengenyam pendidikan sebagai penceramah di kota Madinah.

2. Keluarga

Ali Jaber memiliki istri bernama Umi Nadia yang berasal dari Lombok, Nusa Tenggara Barat. Keduanya dikaruniai anak bernama Hasan.

3. Umur 13 Tahun Sudah Jadi Imam Masjid

Syekh Ali Jaber sudah menjadi imam masjid sejak umur 13 tahun. Hal ini karena pada usia 10 tahun ia telah menghafal 30 juz Al Quran.

Di Indonesia, Syekh Ali Jaber dikenal sejak menjadi juri program televisi, Hafiz Indonesia. Dia menilai hafalan Al Quran anak-anak.

4. Guru di Masjid Nabawi

Pendakwah ini merupakan guru di Masjid Nabawi. Dia juga menjadi imam di salah satu masjid di Madinah.

5. Resmi Jadi WNI

Syekh Ali Jaber resmi menjadi WNI dengan menerima paspor Indonesia. Dia telah terdaftar sebagai WNI sejak tahun 2011.

6. Ditusuk

Ali Jaber ditusuk oleh seorang pemuda tak dikenal berinisial AA (24) di Lampung usai memberikan ceramah pada Minggu (13/9/2020). Akibat tusukan pisau, bahu kanan Syekh Ali Jaber terluka.

Bahkan Syekh mengaku mencabut sendiri pisau itu.

7. Meninggal dalam Keadaan Negatif COVID-19

Syekh Ali Jaber sebelumnya sempat terinfeksi virus COVID-19. Hal itu diungkapkan dalam instagram Yayasan Syekh Ali Jaber pada Selasa (29/12).

"Mohon doa untuk kesembuhan guru kita @syekh.alijaber bahwasanya beliau terkonfirmasi positif COVID-19," tulis akun tersebut.

Selain itu mereka juga memasang video Syekh Ali Jaber saat menjalani perawatan di rumah sakit. Syekh Ali Jaber tampak memakai alat bantu nafas sambil mengenakan kaus merah dalam video tersebut.

Namun kini Syekh Ali Jaber telah negatif COVID-19. Kabar Ali Jaber sudah negatif COVID-19 diungkapkan Ustaz Yusuf Mansyur lewat Instagram-nya.

Selamat jalan Syekh Ali Jaber!



Simak Video "Syekh Ali Jaber Meninggal Dunia"
[Gambas:Video 20detik]
(nwy/erd)