Roy Suryo Komentari Gisel dan Nobu yang Tak Ditahan Polisi

Pingkan Anggraini - detikHot
Selasa, 05 Jan 2021 17:21 WIB
Gisel
Roy Suryo menanggapi Gisel yang mendapatkan ancaman hukuman hingga 12 tahun penjara. (Foto: Instagram Gisel)
Jakarta -

Setelah ditetapkan sebagai tersangka, Gisella Anastasia disebut terancam hukuman 12 tahun penjara. Hal itu sesuai Pasal 4 ayat 1 yang dilayangkan ke Gisel dan oknum laki-laki dalam video, Michael Yukinobu Defretes atau Nobu.

Roy Suryo selaku pakar telematika pun menyoroti ancaman hukuman terhadap mantan istri Gading Marten itu. Roy Suryo mengaku hal itu sudah menjadi hak penyidik Polda Metro Jaya.

"Kalau ini terus terang melihat ancaman hukumannya, seorang bisa ditahan dengan ancaman minimum di atas 5 tahun. Ini minimalnya 6 bulan, paling tinggi 12 tahun," ujar Roy Suryo, Senin (4/1/2021).

Lebih lanjut Roy Suryo menyebutkan kemungkinan Gisel tak ditahan atas kasus video seksnya. Hal itu berkaitan dengan sikap kooperatif Gisel dan Nobu saat pemanggilan pemeriksaan penyidik.

Hal itu juga berlaku untuk Nobu, yang juga menjadi tersangka kasus video seks.

"Terus terang ini subjektif dari pihak kepolisian, apa Gisel kooperatif, jawabannya berbelit atau tidak, itu yang membuat dia pantas ditahan atau tidak. Jadi saya tidak akan merecoki pihak kepolisian, tapi maksud saya unsur yang ditahan itu kalau minimal hukumannya 5 tahun," jelasnya.

"Artinya bisa jadi dia nggak ditahan, bisa juga karena dia ancamannya kurang dari 6 bulan, kemudian dia kooperatif. Demikian juga dengan Nobu, Nobu meskipun di Jepang tapi dia datang hari ini (untuk diperiksa), itu akan jadi pertimbangan kepolisian," lanjut Roy Suryo.

Roy Suryo juga memaparkan, pihak Polda Metro Jaya memiliki hak melakukan penahanan terhadap kedua tersangka meskipun ancaman hukuman yang diterapkan minimal 6 bulan penjara.

Berkaitan dengan itu jika Gisel dan Nobu ada potensi untuk menghilangkan barang bukti dan sebagainya.

"Kepolisian pasti ada pertimbangan berdasarkan asas subjektivitas mereka. Tapi polisi mau menahan dengan alasan apa pun itu juga sah loh," tutur Roy Suryo.

Sebagai tambahan informasi, Nobu saat ini tengah menjalani pemeriksaan sebagai tersangka di Ditreskrimsus Polda Metro Jaya. Sementara itu, Gisel berhalangan hadir dengan asalan ingin menjemput anaknya, Gempita Nora Marten, yang baru pulang dari tempat liburan.

(pig/dar)