Profil Agnez Mo, Mantan Penyanyi Cilik Hingga Jadi Artis Berpengaruh Dunia

Nanda Alifah - detikHot
Kamis, 17 Des 2020 17:53 WIB
Gaya nyentrik Agnez Mo
Profil Agnez Mo, mantan penyanyi cilik yang kini go international Foto: Instagram/@agnezmo
Jakarta -

Agnes Monica Muljoto atau sekarang yang dikenal dengan Agnez Mo, penyanyi sekaligus artis multitalenta berkebangsaan Indonesia. Berawal dari penyanyi anak-anak, Agnes menorehkan banyak prestasi di bidang tarik suara, plus sejumlah sinetron yang laris manis.

Dia memulai kariernya di dunia hiburan sejak usia 6 tahun. Di usia yang masih belia, Agnez sudah meluncurkan album berisikan lagu kanak-kanak, yaitu Meong, Yess dan Bala-bala.

Berkat ketiga album tersebut membawa penyanyi yang lahir di Jakarta, 1 Juli 1986 ini meraih penghargaan sebagai Album Anak-Anak Terbaik pada 1999.

Agnez pun memanfaatkan ketenarannya sebagai penyanyi cilik dengan merangkap profesi sebagai presenter diberbagai acara anak-anak, yaitu Tralala-Trilili, VAN (Video Anak Anteve), dan Diva Romeo.

Setelah menjadi presenter cilik di ketiga acara tersebut, wanita berusia 34 tahun ini berhasil mendapat penghargaan sebagai Pembawa Acara Anak-Anak Terfavorit di ajang Panasonic Awards selama dua tahun berturut-turut (1999-2000).

Saat remaja, Agnez Mo mulai terjun ke dunia seni peran dengan membintangi sinetron Lupus Millenia (1999), Mr. Hologram (1999), dan Pernikahan Dini (2001).

Berkat aktingnya di sinetron Pernikahan Dini, membuatnya menang sebagai Aktris Terfavorit di Panasonic Awards 2001 dan Panasonic Awards 2002 serta penghargaan Aktris Ngetop di SCTV Awards 2002.

Agnes juga menyabet beberapa penghargaan Panasonic Awards dan SCTV Awards sebagai buah dari kerja kerasnya berakting di sinetron Cewekku Jutek bersama Roger Danuarta, Bunga Perawan dan Cantik yang dilakoninya sepanjang tahun 2003.

Tahun 2005, Agnes membintangi sejumlah judul sinetron seperti Ku Tlah Jatuh Cinta, Pink dan Kawin Muda. Dia juga sempat berakting di serial Taiwan, The Hospital (bersama Jerry Yan) dan Romance In The White House (bersama Peter Ho).

Berkarier di Kancah Internasional

Agnes juga semakin aktif merilis album, mulai dari And the Story Goes (2003), Whaddup A'..?! (2005), Nez (2008), Sacredly Agnezious (2009) dan Agnes Is My Name (2011).

Tanggal 21 November 2010, Agnes mendapat kehormatan sebagai salah satu pembawa acara American Music Awards 2010 yang diselenggarakan di Nokia Theatre, Los Angeles, Amerika Serikat.

Di acara tersebut Agnes Mo juga berkesempatan menampilkan suaranya emasnya dengan berduet bersama Christian Chavez.

Memasuki tahun 2011, Agnes semakin fokus dengan karir internasionalnya. Dia dikontrak produser berkualitas asal Amerika, Greg Ogan. Tak hanya itu, Agnes juga didaulat menjadi teman duet penyanyi Amerika, Timbaland.

Pelantun lagu Paralyze ini menjadi salah satu nominator di ajang bergengsi MTV Europe Awards 2011 dalam kategori World Wide Act Asia Pacific Nominees. September 2011, Agnes diundang Michael Bolton sebagai pasangan duetnya dalam lagu Said I Loved You... But I Lied.

Lagu tersebut direkam dalam album Bolton berjudul Gems: The Duets Album dan dirilis di seluruh kawasan Asia. Dia juga merilis video klip untuk lagunya yang berjudul Rindu di bulan yang sama.

Pencapaian cemerlang Agnes berlanjut di tahun selanjutnya. Akhir Februari 2012, namanya tercatat memenangkan dua kategori dalam ajang Shorty Awards 2012, yaitu The Shorty Vox Populi Award dan Best Actress. Dia juga menjadi nominator kategori Favorite Asian Act pada ajang Nickelodeon Kids Choice Awards 2012.

Meskipun saat itu Agnes harus kalah saing dengan Charice, penyanyi asal Filipina. Kekalahan tersebut tak berlangsung lama.

Pada 30 November Agnes didapuk sebagai Best Asian Artist pada ajang penghargaan musik terbesar di Asia, yaitu Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2012. Dia juga merilis singlenya Muda (Le O Le O) di bulan yang sama.

Menjadi Trending Topic Dunia

Di tahun berikutnya, Agnez menghadiri ajang Shorty Awards sebagai finalis pada 8 April. Agnes juga hadir di premiere Oblivion bersama para tamu undangan, termasuk Tom Cruise, Morgan Freeman dan Olga Kurylenko.

Sekembalinya ke Tanah Air, Agnes meluncurkan merk parfumnya Agnes REVE EDP pada 1 Juni 2013. Tak hanya itu, dia juga mengumumkan perilisan album Agnez Mo versi digital di saat yang sama. Selang dua bulan, 1 Agustus, album yang terdiri dari 10 lagu berbahasa Inggris tersebut dirilis dalam bentuk CD.

September 2013 Agnes meluncurkan album internasionalnya kembali. Album yang diberi judul Coke Bottle tersebut berhasil menarik perhatian fans Agnez di seluruh dunia. Hal itu terbukti dari antusiasme fans di Twitter, #AgnezMoCokeBottle pernah jadi trending topic dunia.

Album ini pun berhasil menempati posisi puncak di Top 50 Trending Jams of the Month di situs Daily New Jams. Dia berhasil mengalahkan penyanyi kelas dunia lainnya seperti Shakira, Chris Brown dan Eminem.

Masuk Daftar Forbes Asia's 100 Digital Stars

Tahun ini jadi tahun pertama perilisan Forbes Asia's 100 Digital Stars. Nama-nama yang ada di sini merupakan hasil kurasi dari berbagai bidang. Mulai dari penyanyi, band, aktor/aktris, hingga bintang televisi dari wilayah Asia-Pasifik.

Pengaruh mereka di dunia digital terutama di media sosial dilihat sebagai bahan penilaian. Selain itu, nama-nama yang ada di dalam Forbes Asia's 100 Digital Stars juga disebut punya pengaruh besar. Alasannya mereka tetap bisa aktif dan tetap relevan sepanjang pandemi lewat acara-acara online, meski tanpa pertemuan fisik.

Memulai karier sejak masa kanak-kanak hingga kini jadi penyanyi yang matang dan mengembangkan sayap kariernya hingga ke Amerika Serikat, Agnez Mo layak jadi salah satu dari 100 orang yang berpengaruh di Asia-Pasifik secara digital. Forbes menyoroti tahun-tahun aktif Agnez Mo di dunia musik termasuk kolaborasinya dengan musisi Amerika Serikat seperti Steve Aoki, Chris Brown, hingga Timbaland.

Memiliki 47 juta pengikut di media sosial, Agnez Mo mengkampanyekan anti-narkoba dan perdagangan manusia. Mei (2020) dia ikut jadi penampil di konser amal yang menghasilkan lebih dari USD 100 ribu buat United Way Worldwide dalam usaha mereka buat menanggulangi COVID-19, tulis Forbes.

Kisah Asmara

Sementara untuk urusan asmara, Agnez Mo pernah beberapa kali menjalin hubungan spesial dengan selebriti Indonesia. Mereka adalah Dirly Idol, Daniel Mananta, hingga Rezky Aditya. Agnez juga pernah berpacaran dengan pebasket Wijaya Saputra alias Wijin, yang sekarang jadi pacara Giselle.

Agnez Mo juga pernah dikabarkan berpacaran dengan pemain sepak bola Persita Tangerang, Raphael Maitimo, dan juga Deddy Corbuzier.

(dar/dar)