Ria Ricis Hampir Menyerah Pada Perkuliahan

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Sabtu, 28 Nov 2020 19:02 WIB
Ria Ricis
Ria Ricis lulus kuliah Foto: (dok. ist)
Jakarta -

Ria Ricis baru saja diwisuda secara daring setelah lulus dan meraih gelar sarjananya. Untuk merampungkan pendidikannya, dia menghabiskan waktu tujuh tahun.

Sebelum lulus, Ria Ricis pernah mengeluh pada kakaknya, Oki Setiana Dewi, mengenai sulitnya membagi waktu antara bekerja dan mengenyam pendidikan. Pada Oki, Ricis bahkan mengatakan keinginannya untuk menyerah.

Akan tetapi, Ria Ricis mengurungkan niatnya untuk berhenti dan membulatkan tekadnya untuk lulus sebelum tenggat masa perkuliahannya habis.

"Di tengah perjalanan kuliahnya, dia hampir sudah tidak mau lagi ngelanjutin perkuliahannya. Papa itu selalu ngingetin terus, pokoknya setiap nelpon kita, di-support tolong mbak Oki, supaya Ricis cepet selesai," cerita Oki Setiana Dewi ditemui di Kebagusan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/11/2020).

Menurut Oki, dia tidak keberatan adiknya terbilang terlambat lulus. Ia melihat yang terpenting adalah kini Ria Ricis telah merampungkan tanggung jawabnya. Terlebih, menurut Oki, adiknya memiliki alasan yang kuat untuk menunda sekolahnya.

"Alhamdulillah selesai, karena kalau nggak selesai dia hampir DO (dropout). Walaupun dalam jangka waktu lama, tapi nggak apa-apa lah yang penting apa yang dia mulai dia selesaikan. Toh dalam tujuh tahun ini dia mencapai banyak hal," sambung Oki.

Oki Setiana Dewi mengaku dirinya percaya ilmu dapat didapatkan darimana saja. Akan tetapi, sebagai kakak, ia juga terus berupaya mendukung studi adiknya. Apalagi bisa melihat Ria Ricis lulus kuliah telah menjadi keinginan ayahnya sejak lama.

"Dalam pendidikan memang sejak awal, memang saya mendaftarkan dan mengantar Ricis kuliah waktu awal-awal kuliah. Ingetin terus menerus dan membantu apa yang saya bisa. Kebetulan online jadi saya denger masukan dosennya kayak apa," tutur dia.

Lebih jauh, Oki juga berharap agar setelah lulus, Ria Ricis dapat mempraktekan ilmu yang dipelajari di bangku kuliah dan menerapkannya dalam karier yang saat ini tengah digeluti adiknya itu.

"Walaupun sebenernya ilmu bia didapatkan di mana saja, nggak harus di bangku perkuliahan tapi kita tidak bisa memungkiri di bangku perkuliahan juga bisa mendapatkan ilmu yang sangat banyak. Jadi apa-apa dipelajari sama Ricis di kampus, ada kolerasinya, mudah-mudahan ilmu yang dia dapat bisa diaplikasikan, bisa diamalkan," lanjut dia.

Meski melihat Ria Ricis lulus kuliah telah menjadi keinginan orang tuanya sejak lama, akan tetapi sang ayah justru berhalangan untuk menghadiri wisuda Ria Ricis karena tengah berada di Batam, Sumatera karena urusan pekerjaan.

"Ini sebenernya sesuatu yang sangat ditunggu-tunggu oleh Papa. Tapi Papa nggak bisa hadir, lagi di Batam. Tapi ini jadi kebanggaan sekali buat Papa. Papa itu pengennya anak-anak ini melakukan apa, (pesan ke Oki) 'Ricis tolong diselesaikan masa kuliahnya'," ujar Oki.



Simak Video "Ditanya soal Jodoh, Ria Ricis: Ngalir Saja Dulu"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/nu2)