Oki Setiana Dewi Sebut Anaknya Diobservasi Banyak Dokter

Dyah Paramita Saraswati - detikHot
Sabtu, 28 Nov 2020 18:45 WIB
Oki Setiana Dewi dan suami, Ory Vitrio Abdullah
anak Oki Setiana Dewi dirawat Foto: Ismail/detikHOT
Jakarta -

Hari ini terhitung sudah 12 hari sejak Oki Setiana Dewi melahirkan anak keempatnya, Sulaiman Ali Abdullah, pada 16 November 2020. Tapi buah hatinya itu hingga kini masih berada di bawah perawatan intensif rumah sakit.

Bayinya itu kini tengah menjalani perawatan di NICU karena mengalami TTN atau transient tachypnea of the newborn. TTN merupakan gangguan adaptasi pernapasan yang beberapa kali dialami oleh bayi yang baru saja dilahirkan.

Oki Setiana Dewi menyebutkan, di beberapa hari pertama setelah dilahirkan, anaknya bahkan sempat diobservasi oleh beberapa dokter.

"Anak saya mengalami TTN atau masalah dalam adaptasi pernapasan, ini biasa dialami juga oleh ibu-ibu yang caesar, namun sebenernya kali kedua pake oksigen dan lain sebagainya untuk membantu pernapasannya," cerita Oki saat ditemui di Kebagusan, Jakarta Selatan, Sabtu (28/11/2020).

"Tapi sebenernya di hari kedua di NICU sudah baik pernapasannya. Tapi ternyata ada yang lain-lain yang harus diobservasi oleh dokter. Sehingga Soelaiman diperiksa oleh enam dokter atau tujuh dokter. Jantungnya, otaknya, syarafnya, tulangnya dan lain-lain," sambung dia menjelaskan.

Meski belum boleh keluar dari rumah sakit, akan tetapi Oki Setiana Dewi menyebutkan kondisi anaknya kini berangsur-angsur membaik. Hingga kini ia masih menunggu hasil pengecekan lebih lanjut dari pihak medis.

"Alhamdulillah sampai hari ini ada progres, tapi sampai hari ini saya masih menunggu hasil pemeriksaan berikutnya," ungkap dia.

Menurut Oki Setiana Dewi, dirinya memang sempat merasa kaget ketika menjalani proses persalinan anak keempatnya kali ini. Ia menyebutkan ada banyak hal baru yang belum pernah ia rasakan sebelumnya.

"Kejadian ini semua yang pertama. Ini lahiran anak saya yang ke-4. Ini pertama kali caesar yang paling menyenangkan tidak sakit, saya sehat wal afiat, saya tenang dalam menjalankan proses caesar. Tidak seperti persalinan sebelum-sebelumnya," terang dia.

"Kedua, ini pertama kali saya nggak denger suara bayi nangis, walaupun kata dokter ada tapi kecil, ketiga ini pertama kalinya buat saya, saya nggak bisa ngasih asi dini. Biasanya kalau melahirkan, anak bayi dibersihkan sama dokter suster terus saya menyusui dan saya nggak bisa menyusui anak saya," lanjutnya.

Dia lalu menyambung, ini adalah kali pertama dirinya menangis usai melahirkan karena khawatir pada kondisi anaknya.

"Pertama kalinya juga saya dapat kabar ketika masih di ruang operasi, 'Ibu anaknya harus di NICU ya'. Pertama kali juga saya merasakan setelah operasi caesar saya menangis. Saya menangis karena memikirkan kondisi anak," ujar dia.



Simak Video "Alasan Oki Setiana Dewi Makamkan Ayahanda di Pesantren Daarul Quran"
[Gambas:Video 20detik]
(srs/nu2)