Oki Setiana Dewi Jelaskan Kondisi Terkini Anak Keempatnya

Desi Puspasari - detikHot
Jumat, 27 Nov 2020 17:03 WIB
Oki Setiana Dewi
Oki Setiana Dewi ceritakan kondisi kesehatan anak keempatnya Foto: Dok. Instagram @okisetianadewi
Jakarta -

Oki Setiana Dewi melahirkan anak keempatnya yang diberi nama Sulaiman Ali Abdullah. Namun, sejak dilahirkan pada 16 November 2020, Sulaiman masih menjalani perawatan di NICU.

Melahirkan sudah empat kali, Oki Setiana Dewi menceritakan semua yang dia lewati serba pertama. Ini adalah pertama kalinya Oki Setiana Dewi selama hamil Sulaiman selalu berada di rumah dengan begitu kesehatan tubuhnya sangat terjaga.

Berbeda seperti saat hamil tiga anak sebelumnya, Oki Setiana Dewi selalu disibukkan dengan bekerja dan dakwah. Saat melahirkan Sulaiman Ali Abdullah, Oki juga pertama kali tidak mendengar tangisan sang bayi saat dilahirkan dan pertama kali juga dirinya tidak bisa memberikan inisiasi menyusui dini (IMD).

"Di kehamilan keempat pertama kali merasakan melahirkan yang menyenangkan tanpa kendala dan tanpa rasa sakit dan sangat cepat. Jadi sangat menyenangkan lah memori melahirkannya. Pertama kali juga pengalaman ketika melahirkan saya tidak mendengarkan tangisan bayi, katanya menangis tapi sedikit dan saya tidak mendengar tangisan itu," cerita Oki Setiana Dewi melalui voice note kepada wartawan.

Kini, Sulaiman sudah dipindahkan dari NICU RS Bina Medika, Bintaro ke RSPI. Saat masih berada di meja operasi, Oki sudah diberitahu anaknya harus di NICU karena mengalami TTN atau masalah pernapasan yang biasanya terjadi pada bayi yang baru lahir.

"Di hari kedua (NICU) pernapasan sudah baik dokter memberi tahu ada hal-hal yang harus diperiksa lebih lanjut karena melihat Sulaiman tidak seperti bayi pada umunya. Melihat dia yang belum menangis, kalau bersuara sangat kecil, belum melek, terlihat lemas kondisinya," ungkapnya.

"Jadi itu diperiksa akhirnya dipanggil dokter mulai dari jantung, ortopedi, syaraf, THT, dan dokter-dokter lainnya, dokter metabolik ada sekitar 6 dokter yang memeriksa," sambung Oki Setiana Dewi.

Setelah dipindahkan ke NICU RSPI Oki mengatakan Sulaiman menjalani MRI. Sulaiman harus diperiksa mulai dari otot, jantung, syaraf, tulang belakang, dan bagian lainnya.

Oki Setiana Dewi selalu deg-degan sat menunggu hasil-hasil pemeriksaan Sulaiman.

"Setelah mengetahui hasilnya, misalnya bagian otak tinggal menunggu waktu (lihat hasilnya). Secara umum otak, syaraf, jantung, kemudian THT secara umum tak ada masalah yang berarti hanya menunggu waktu untuk berkembang," ungkap Oki Setiana Dewi.

"Jantung memang ada lubang sedikit tak jadi masalah, syaraf insyaallah baik-baik saja, progresnya luar biasa makin ke sini Sulaiman menunjukan progres. Masih menunggu hasil pemeriksaan lain-lain," tuturnya.

[Gambas:Instagram]

Mendapat banyak doa dari anak-anak di Palestina dan Gaza, ustaz-ustaz, para penghapal Al Quran, membuat Oki Setiana Dewi sangat bersyukur.

Oki dan Ory Vitrio berharap dan berdoa anak keempat mereka, Sulaiman bisa pulang ke rumah minggu ini. Tiga anak Oki Setiana Dewi lainnya juga sudah terus menerus bertanya kapan sang adik pulang ke rumah.

"Mudah-mudahan dalam minggu ini bisa pulang ke rumah, tapi tetap harus kontrol," ungkap Oki Setiana Dewi.



Simak Video "Anak Keempat Alami Gangguan Nafas, Oki Setiana Dewi Minta Doa"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/dar)