Putri Sofia dan Pangeran Carl Philip dari Swedia Positif COVID-19

Tim detikcom - detikHot
Jumat, 27 Nov 2020 08:46 WIB
Putri Sofia dan Pangeran Carl Philip
Foto: Instagram @prinsparet
Jakarta -

Keluarga kerajaan kembali dikabarkan terserang virus Corona. Kali ini Putri Sofia dan Pangeran Carl Philip dari Swedia dinyatakan positif COVID-19.

Dikutip dari People, pasangan kerajaan Swedia tersebut merasakan gejala seperti flu pada Rabu (25/11) malam. Keduanya langsung menjalani tes dan dinyatakan positif.

Saat ini Putri Sofia dan Pangeran Carl Philip menjalani karantina mandiri bersama anak-anaknya. Pihak kerajaan Swedia pun merilis pernyataan kepada Reuters tentang keadaan terkini pasangan kerajaan tersebut.

"Saat ini mereka dalam keadaan baik," tegasnya.

Pangeran Alexander dan Putri Gabriel, anak dari pasangan Putri Sofia dan Pangeran Carl Philip, saat ini disebut sama sekali tak menunjukkan gejala apa pun. Namun masih belum diketahui apakah kedua anak mereka sudah menjalani tes atau belum.

Saat ini pelacakan kontak tengah dilakukan. Diketahui anggota kerajaan hadir bersama-sama dalam upacara pemakaman Walther Sommerlath, yang merupakan saudara Ratu Silvia, pada pekan lalu.

Diketahui Raja Carl XVI Gustaf, Ratu Silvia, Putri Victoria dan Raja Daniel hadir di pemakaman tersebut. Kabarnya protokol kesehatan dilakukan dengan ketat saat pemakaman, dengan melakukan social distancing dan tes suhu sebelum menghadiri pemakaman.

Putri Sofia dan Pangeran Carl Philip diketahui turun tangan langsung untuk membantu meringankan beban tenaga medis melawan COVID-19. Sang pangeran, yang berada di urutan keempat tahta Kerajaan Swedia, bertugas di Angaktan Bersenjata Swedia untuk membantu mengamankan publik di tengah pandemi sejak pertengahan Mei 2020.

Sementara Putri Sofia menyelesaikan pelatihan online intensif untuk menjadi sukarelawan di Rumah Sakit Sophiahemmet sejak April 2020 untuk membantu meringankan beban para staf medis.

Pangeran Carl Philip dan Putri Sofia adalah bukan anggota kerajaan pertama yang dinyatakan positif COVID-19. Sebelumnya Pangeran Charles dan Pangeran William dari kerajaan Inggris terinfeksi virus beberapa bulan lalu.

(dal/doc)