Colek Yasonna Laoly, Ini Keringanan yang Sudah Didapat Vanessa Angel

Tim detikcom - detikHot
Selasa, 24 Nov 2020 15:49 WIB
Vanessa Angel menyerahkan diri ke rutan pondok bambu
Vanessa Angel dan keringanan yang dia dapatkan selama proses hukum kepemilikan pil XanaxFoto: Hanif/detikHOT
Jakarta -

Vanessa Angel masih menjalani masa hukumannya di Lapas Pondok Bambu. Melihat perpisahan Vanessa Angel dengan bayinya, Gala Sky banyak menarik simpatik.

Pada postingan terbarunya, suami Vanessa Angel, Bibi mencolek menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Yasonna Laoly.

[Gambas:Instagram]

Selama proses hukumnya, Vanessa Angel sudah mendapat beberapa keringanan. Setelah ditetapkan sebagai tersangka atas kepemilikan pil Xanax, Vanessa Angel tidak ditahan. Vanessa Angel menjadi tahanan kota.

Keputusan Vanessa Angel menjadi tahanan kota setelah penyerahan tahap dua, yakni pelimpahan barang bukti kemudian tersangka pada 6 Agustus 2020 di Kejaksaan Negeri Jakarta Barat.

Saat itu, kuasa hukum Vanessa Angel, Arjana Bagaskara menjelaskan kalau kliennya menjadi tahanan kota sampai proses sidang berjalan.

"Kami juga sangat berterima kasih atas kebijaksanaan Kepala Kejari Pak Bayu yang menerima penasehat hukum dari Ibu Vanessa. Bahwa kami, klien kami dijadikan sebagai tahanan kota," kata Arjana.

Pada kesempatan itu, Vanessa Angel juga berterima kasih lantaran baru melahirkan dan masih menyusui bayinya. Lima hari menjadi tahanan kota sama dengan satu hari menjadi tahanan pidana di dalam rutan.

Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Barat akhirnya memvonis Vanessa Angel 3 bulan penjara dan denda Rp 10 juta subsider 1 bulan kurungan dikurangi masa tahanan sebagai tahanan kota.

Vanessa Angel dinyatakan bersalah melanggar Pasal 62 UU RI Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika juncto Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 49 Tahun 2018 tentang Perubahan Penggolongan Psikotropika dalam Lampiran UU Nomor 5 Tahun 1997 tentang Psikotropika.

Vonis ini tentunya jauh lebih ringan dari tuntutan jaksa penuntut umum. Jaksa penuntut umum menuntut Vanessa Angel dihukum 6 bulan penjara dan denda sebesar Rp 10 juta subsider 3 bulan kurungan.

Setelah divonis, Vanessa Angel memilih tidak mengajukan banding. Pada 18 November 2020, Vanessa Angel menyerahkan diri ke Lapas Pondok Bambu, Jakarta Timur.

Masuk penjara di masa pandemi tentu membuat Vanessa Angel semakin sedih. Selama pandemi Corona, tidak ada jam kunjungan untuk tahanan.

Akan tetapi, karena Vanessa Angel sedang menyusui, sang suami, Bibi bisa datang. Kedatangan Bibi pun untuk mengambil ASI perah yang menjadi keperluan anak mereka.

"Tadi juga kita sudah ngomongin sama Kalapasnya, karena sekarang lagi situasi COVID-19 jadi mau nggak mau, ya kan nggak bisa dibesuk, jadi mau nggak mau sehari sekali gue ke sini ngambil pompa ASI dari Vanessa," jelas Bibi ditemui di Lapas Pondok Bambu usai mendampingi Vanessa Angel.



Simak Video "Vanessa Angel Dinyatakan Bebas Murni Terkait Kasus Narkoba"
[Gambas:Video 20detik]
(pus/nu2)