Tanggapan Pangeran William soal Wawancara Putri Diana

Asep Syaifullah - detikHot
Jumat, 20 Nov 2020 13:53 WIB
LONDON, ENGLAND - NOVEMBER 13: Prince William, Duke of Cambridge and Patron of Centrepoint, delivers a speech at a gala to mark the charitys 50 years of tackling youth homelessness, at The Roundhouse on November 13, 2019 in London, England. Duran Duran, Rita Ora and Hussain Manawer all performed at the gala. (Photo by Dominic Lipinski - Pool/Getty Images)
Pangeran William Foto: Getty Images
Jakarta -

Wawancara Panorama bersama Putri Diana menjadi sorotan hangat pada banyak media baru-baru ini. Banyak fakta-fakta yang terungkap dari sudut lain wawancara tersebut dan beberapa justru malah merasa jika ada hal yang disembunyikan oleh sang jurnalis.

Pangeran William pun menyambut hangat rencana BBC untuk melakukan investigasi terhadap wawancara itu. Ia ingin agar sosok mendiang ibunya itu tak lagi jadi komoditas berita dan disalahgunakan tanpa fakta yang mendasar.

"Investigasi mandiri adalah sebuah langkah ke arah kebenaran. Itu akan membantu untuk menemukan kebenaran dari aksi wawancara Panorama dan pilihan selanjutnya yang diambil oleh mereka saat di BBC," tuturnya dalam rilis via Kensington Palace.

Sebelumnya kakak Diana, Earl Spencer, sempat ngamuk dan menyebutkan jika wawancara yang dilakukan BBC tidak benar. Ia bahkan menyebutkan kantor berita tersebut sebagai wartawan kuning.

Ia menyebutkan pengakuan Martin Bashir yang mengatakan jika Diana telah disadap oleh MI5 saat menjalani wawancara itu yang mana merupakan salah satu dari kebohongan yang dilakukan sang wartawan.

Wawancara yang dilakukan pada 1995 itu memang menjadi heboh kembali beberapa waktu lalu. Banyak media yang mengulas kembali ucapan Diana dan menambahkannya dengan keterangan beberapa kerabat dekatnya itu. Salah satu yang paling ramai dibahas adalah soal hubungan Pangeran Charles dan Camilla Parker-Bowles.

"Ya, ada tiga orang dalam pernikahan ini. Tentunya itu terasa begitu sesak," jawab Putri Diana.

Selain itu ia pun menceritakan jika pada malam sebelum Diana dan Charles menikah, ia mendapatkan fakta yang sangat menohok.

"Satu hal yang paling mengejutkan yang diungkapkan Diana pada ku adalah pada malam sebelum pernikahannya Charles mengatakan jika dirinya tak mencintainya," ujar Penny Thornton, sahabat Diana, dalam The Diana Interview: Revenge of a Princess.

"Ku pikir Charles tak ingin melakukan pernikahan tersebut dengan kepalsuan. Ia hanya ingin membuat hubungannya dengan Diana jelas dan hal itu benar-benar menghancurkan Diana," pungkasnya.

(ass/dar)