Sempat Positif COVID-19, Melaney Ricardo Ingatkan Selalu Jaga Mental

Pingkan Anggraini - detikHot
Jumat, 06 Nov 2020 19:19 WIB
Melaney Ricardo
Melaney Ricardo ingatkan jaga mental. (Foto: Noel/ detikHOT)
Jakarta -

Beberapa waktu lalu Melaney Ricardo sempat divonis mengidap COVID-19. Ia juga sempat menjalankan perawatan di salah satu rumah sakit swasta di Jakarta.

Setelah berjalan satu bulan, Melaney kini dinyatakan terbebas dan sembuh dari COVID-19. Kini ia sudah kembali menjalani aktivitasnya lagi di televisi.

Mengenai masalah pemulihan tubuh saat COVID-19, Melaney Ricardo mengaku kesehatan mental menjadi pendukung utama pada saat penyembuhan. Ia banyak berpikir positif untuk tetap menjaga pemulihan kesehatannya.

"Pokoknya begitu lo COVID-19, pertama yang harus lo jaga mental. Karena lo dengar orang meninggal segini, banyak yang sembuh kok," ujar Melaney saat ditemui di Gedung Trans TV, Jalan Kapten P Tendean, Jakarta Selatan, Jumat (6/11/2020).

"Intinya gue selalu bilang jagain hatinya karena ini dari awal dokter bilang this is not sprint, this is marathon, sebulan lebih kan. Jadi yang dihajar bukan cuma fisik, tapi mental kita. Menjaga hati supaya nggak drop, karena begitu lo stres imun lo turun COVID-19 makin gigit badan lo. Itulah the battle of your mind," paparnya lagi.

Lebih lanjut, Melaney Ricardo berusaha meminimalisir untuk mengkonsumsi pemberitaan terkait COVID-19. Ia merasa jika kerap menonton dan membaca berita terkait COVID-19, mentalnya akan melemah.

Melaney Ricardo menegaskan saat terpapar COVID-19, ia hanya berdoa dan selalu berharap yang kuasa memberikan kesembuhan untuknya. Ia merasa keluarganya selalu berdoa dan memberikan dukungan penuh untuk kesembuhannya itu.

"Tapi maksudnya aku menutup kuping dan mataku dari berita-berita. Di rumah sakit aku nonton TV itu kan running text keluar COVID-19 yang meninggal sekian, gua ganti saja langsung," tuturnya.

"Pokoknya tutup semua yang bisa bikin hati lo takut. Lo fokus percaya Tuhan pasti kasih kesembuhan karena anak-anak nunggu gue di rumah, mama papa ngedoain gue, nggak mungkin gue nggak sembuh, dan gue kasih semangat ke diri gue, karena up and down kan," tutup Melaney.

(pig/mau)