Vanessa Angel Bantah Semua Tuduhan Jadi Pengguna Narkoba

Pingkan Anggraini - detikHot
Senin, 02 Nov 2020 14:37 WIB
Vanessa Angel menjalani sidang kasus kepemilikan narkoba di PN Jakarta Barat, Senin (7/9). Sidang kali ini beragendakan mendengarkan keterangan saksi.
Vanessa Angel bantah semua tuduhan soal jadi pengguna narkoba. Foto: Rengga Sancaya
Jakarta -

Sidang kasus psikotropika Vanessa Angel telah mencapai tahap pembacaan duplik. Isi duplik yang dibacakan dalam sidang pun dijelaskan lagi oleh kuasa hukum Vanessa Angel.

Dalam isi duplik, Vanessa Angel menentang keras tuntutan yang diberikan Jaksa Penuntut Umum (JPU) pada sidang sebelumnya. Vanessa memohon agar dirinya tak ditahan dan dinyatakan tidak bersalah pada kasus ini.

Pihak kuasa hukum Vanessa Angel, Kemal Maruszama, menyatakan dakwaan JPU memang benar adanya. Namun ia masih akan menunggu hingga proses putusan atau vonis dibacakan hakim ketua pada sidang selanjutnya.

"Ya isinya pada dasarnya proses-proses yang kemarin, ada harusnya kita ada eksepsi atau nggak, kita nggak ada eksepsi. Karena memang secara formil dakwaan penuntut hukum itu sudah benar secara formil ya, bukan kita menerima dakwaannya," ujar Kemal, ditemui usai sidang Vanessa Angel di Pengadilan Agama Jakarta Barat, Senin (2/11/2020).

Mengenai jadwal putusan yang akan diumumkan hakim ketua beberapa hari lagi, Kemal berharap Vanessa Angel dapat dibebaskan.

Kemal menegaskan Vanessa tak dapat dipisahkan oleh anaknya yang terbilang masih bayi itu. Pandemi COVID-19 pun juga turut menjadi alasan Kemal mantap ingin membantu Vanessa bebas.

"Selanjutnya kita tinggal nunggu putusan. Putusan kita juga belum tau, kita pengin klien saya ini bebas lah nggak dipisahin sama anak dan suaminya," tegas Kemal.

"Lagian baru tiga bulan juga, kalau misalkan dalam rutan ya gimana. Kasihan juga, apa lagi musim COVID-19 gini," lanjutnya.

Mengenai putusan nanti, jika Vanessa Angel tetap dikenakan enam bulan masa tahanan mereka akan mengajukan banding. Namun itu semua tergantung keputusan Vanessa Angel hendak mengajukan banding atau tidak.

"Kita pasti banding. Tapi tergantung dari klien. Kalau klien mengharapkan banding ya. Kalau klien nerima ya sudah, proses acaranya selesai," jelas Kemal.

Untuk sidang Vanessa Angel terkait putusan atau vonis, akan dilakukan pada Kamis, 5 November 2020.

"Baik, dengan demikian, maka persidangan selanjutnya adalah putusan. Maka untuk putusan akan dibacakan pada tanggal 5 November hari Kamis jam setengah dua," tutur hakim ketua dalam persidangan.



Simak Video "Usai Ajukan Duplik, Kasus Vanessa Angel akan Diputus 5 November"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)