Round Up

Geram! Arie Untung Kecam Presiden Prancis karena Hina Islam

Tim detikcom - detikHot
Kamis, 29 Okt 2020 05:30 WIB
s
Foto: Arie Untung dan Fenita / Desi P
Jakarta -

Arie Untung tidak tinggal diam ketika Presiden Prancis, Emmanuel Macron, membiarkan penerbitan karikatur Nabi Muhammad SAW. Dia pun menunjukkan amarahnya dengan sebuah cara yang tidak biasa.

Suami Fenita Arie itu mengeluarkan semua tas mewah milik istrinya dari dalam lemari. Termasuk produk-produk mewah asal Prancis. Dia lalu membiarkan tas-tas tersebut tergeletak di lantai dan menyebut bahwa barang-barang tersebut tak layak disimpan di tempat bagus.

"NGGA LAYAK," tulisnya dikutip singkat dari keterangan foto Instagram pribadi sang selebritas.

Arie Untung sangat geram dengan apa yang dilakukan oleh Presiden Macron. Apa yang dilakukannya itu adalah sebuah aksi protes dan ungkapan kekecewaannya terhadap Presiden Prancis tersebut.

"Karena negaranya menghina Nabiku di bulan kelahirannya. Barang-barang recehan brand-brand Prancis ini nggak layak ada di lemari yang pemiliknya sangat mencintai Nabinya. Brand-brand ini kastanya langsung jadi paling rendah," ungkap Arie Untung.

Dia juga menegaskan bahwa setelah apa yang terjadi, dia tidak akan menggunakan lagi barang-barang tersebut. Menurutnya, menggunakan brand Prancis kini menjadi hal yang tidak layak dilakukan mengingat apa yang dilakukan Presiden Macron.

Meski Arie Untung menegaskan bahwa dia tidak menggeneralisasi semua orang Prancis. Hanya pemimpinnya saja yang menurut Arie Untung kurang beradab karena menghina Islam.

"Berapapun harganya gak sebanding sama Nabiku sama sekali. Nggak akan kami pakai. So insulting. Sambil ngingetin ini adab kebijakan negaranya ya, guys. Bukan orangnya (orang Prancis). Ini murni pemimpinnya aja. Nggak semua orang Prancis juga setuju sama presidennya. Tapi biar dia tahu, impact ekonomi yang dihasilkan atas penghinaan ini," lanjut Arie.

Pengendara melintas di atas poster berwajah presiden Prancis Emmanuel Macron yang ditempel di simpang Jalan Kauman, Yogyakarta, Rabu (28/10/2020). Pemasangan poster bergambar wajah Presiden Prancis tersebut sebagai bentuk protes dan kecaman terhadap pernyataan yang dilontarkan oleh Emmanuel Macron yang dianggap menghina umat muslim.Pengendara melintas di atas poster berwajah presiden Prancis Emmanuel Macron yang ditempel di simpang Jalan Kauman, Yogyakarta, Rabu (28/10/2020). Pemasangan poster bergambar wajah Presiden Prancis tersebut sebagai bentuk protes dan kecaman terhadap pernyataan yang dilontarkan oleh Emmanuel Macron yang dianggap menghina umat muslim. Foto: PIUS ERLANGGA

Aksi protes pada Presiden Macron juga dilakukan oleh massa di Yogyakarta dan Solo. Mereka melakukan berbagai cara untuk menunjukkan protesnya termasuk melindas poster Presiden Macron dengan sepeda motor.

Seperti diketahui, kecaman menghujani Prancis dan Presiden Emmanuel Macron setelah otoritas Prancis menegaskan hak mereka untuk mempublikasikan karikatur Nabi Muhammad. Sikap tersebut tetap disampaikan meskipun mereka mengetahui akan menyinggung umat Muslim.

Arie Untung adalah selebritas Indonesia yang terbilang vokal dalam mengomentari banyak hal. Aksi protesnya pada Presiden Macron adalah satu hal. Sebelumnya, Arie Untung pernah terang-terangan mengomentari kasus penangkapan Reynhard Sinaga.

"Yuk sama-sama jaga keluarga kita jangan sampai terjebak di kedua hal ini. Jangan jadi pelaku dan jangan jadi korban," tulis Arie Untung dalam Instagram miliknya ketika kasus Reynhard Sinaga heboh di Tanah Air. Seperti diketahui Reynhard Sinaga adalah pelaku pemerkosaan terhadap puluhan pria yang ditangkap di Inggris.

Ketika Tom Hanks dan istrinya dinyatakan positif terinfeksi virus Corona, Arie Untung pun bersuara. Dia memperingatkan masyarakat bahwa virus Corona tidak pandang bulu.

(aay/mau)