Umi Pipik Siapkan Kain Kafan untuk Pakaian Terakhirnya

Pingkan Anggraini - detikHot
Rabu, 14 Okt 2020 17:52 WIB
Umi Pipik
Umi Pipik Foto: Instagram @_ummi_pipik_
Jakarta -

Umi Pipik mengaku sudah menyiapkan kain kafan untuk pakaian terakhirnya kelak ketika ia meninggal dunia. Hal ini diungkapkannya saat ditemui di kawasan Mampang, Jakarta Selatan.

Umi Pipik mengaku percaya ia akan menemui ajalnya meski tak tahu waktu pastinya. Maka dari itu ia beralasan untuk menyiapkan kain kafan untuk dirinya sendiri.

"Ya kan kalau kita umat Islam kita (percaya) pasti mati walaupun nggak tahu waktunya kapan gitu ya pasti harus disiapkan ya. Masa dari lemari pakaian yang banyak banget mahal-mahal nggak ada pakaian terakhir kita sih," jelas Umi Pipik.

Bukan hanya itu saja, Umi Pipik mengaku belum lama ini tengah belajar mempraktikan cara memandikan jenazah. Diakuinya saat itu dirinya lah yang tengah menjadi jenazah.

Saat itu Umi Pipik mengaku sangat terenyuh ketika mempraktikan diri sebagai jenazah yang dimandikan. Ia banyak berpikir dan merasakan jika dirinya sewaktu-waktu benar menjadi jenazah.

"Kemarin aja saya sempat yang hari Jumat lalu tuh pekan lalu saya belajar untuk bagaimana cara memandikan jenazah, mengkafani, bahkan saya menjadi modelnya," jelasnya.

"Jadi modelnya cuman saya mikir 'ya Allah gini banget yah' kalau dikafanin tuh seperti ini, ruh lihatin kita dari luar saat itu jadi supaya apa kan Rasulullah katakan 'sering-seringlah kamu mengingat pemutus kenikmatan yaitu kematian' supaya kita mampu menyiapkan amal kita," paparnya lagi.

Lebih lanjut dijelaskan Umi Pipik, dirinya bukan hanya mempersiapkan kain kafan saja. Beberapa perlengkapan mandi dan yang lain-lain untuk hari terakhirnya sudah ia lengkapi semua.

"Udah lengkap disimpan di lemari, udah ada sabunnya, minyaknya, kapur barusnya, udah ada cendannya. Wah semuanya," ungkap Umi Pipik.

Umi Pipik menjelaskan persiapannya itu sudah ia penuhi sejak lama. Baginya kematian dapat menghampiri siapa aja dan kapan saja.

"(Menyiapkan) Udah lama bukan pas karena saya sakit nggak. Cuma saat itu kita tahu harus menyiapkan hal itu gitu ya. Ya itu yang meninggal bukan usia tua, almarhum (Ustaz Jefri) aja baru 40 tahun. Jadi ya ini lah persiapan untuk harus," jelasnya.

Diketahui, Umi Pipik memang dikabarkan tengah mengidap tumor kelenjar getah bening. Sakit yang diidapnya itu sudah ia dapatkan sejak tiga tahun belakangan ini.

Hingga saat ini Umi Pipik mengaku belum sembuh sepenuhnya. Namun, kondisi kesehatannya kini sudah terbilang cukup membaik lantaran terus menjalani pengobatan alternatif.

"Alhamdulillah 90 persen Allah sehatkan," tutur Umi Pipik.

"(Pengobatan) Ya alternatif aja sih pernah sedot lintah, akupuntur, minum herbal. Tiga tahun berjalan lah," tutupnya.



Simak Video "Idap Kelenjar Getah Bening, Umi Pipik Ungkap Kondisinya Membaik"
[Gambas:Video 20detik]
(pig/dar)