Raline Shah Sebut Hubungan dengan Ayahnya Sangat Rumit

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 11 Okt 2020 16:20 WIB
Raline Shah saat syuting film Surga yang (Tak) Dirindukan 2
Foto: Komario Bahar/detikHOT
Jakarta -

Masyarakat mungkin menilai bahwa kehidupan Raline Shah sangat sempurna. Berparas cantik, modis, karier pun cemerlang, seolah dia punya segalanya. Namun ternyata Raline adalah sosok yang kesepian. Tak hanya itu, dia juga mengaku punya hubungan yang rumit dengan keluarganya, termasuk sang ayah.

Soal perasaan kesepiannya, seperti dikisahkan Raline Shah saat berbincang dengan Daniel Mananta, teramat dirasakan ketika belum lama ini dia memilih untuk pindah ke Los Angeles. Semua dia lakukan sendiri dengan budget yang dimilikinya sendiri, sehingga tekanan yang dirasakan dalam hidup pun menjadi lebih besar.

"Terus aku baru nyadar, gila aku lonely banget gitu. Lonely banget," katanya.

Kondisi itu diperparah dengan hubungannya dengan keluarga yang disebut Raline Shah amat rumit. Dalam perbincangan dengan Daniel Mananta, Raline Shah amat terbuka dengan kondisi hubungannya dengan keluarga terutama sang Ayah.

Perasaan berkecamuk dirasakan olehnya selama beberapa lama sampai akhirnya dia merasa harus melakukan sesuatu. Raline Shah pun memilih untuk melakukan berbagai hal untuk meluruskan jalannya yang dia sebut melenceng. Mulai dari bermeditasi hingga berkonsultasi dengan seorang mentor yang juga adalah psikolog.

"(Dia) Salah satu mentor aku yang aku sayang banget, dia itu kayak figur ayah banget. Karena papa aku kan sibuk banget orangnya. Dia (ayah) baik, suka kegiatan sosial, tapi nggak ada waktu buat keluarganya gitu. Dia nggak pernah nanya gimana perasaan kamu? Setiap kali aku kontak dia, dia juga kayak, kamu butuh apa? Gitu. Bahasa cintanya tuh kayak ngasih hadiah atau uang dan aku sadar bahwa cinta itu bukan uang. Cinta itu berbuat baik dan perhatian," beber Raline Shah.

Hubungan pemeran film Surga Yang Tak Dirindukan itu dengan sang ayah hingga kini masih terbilang tegang dan canggung. Raline Shah mengatakan bahwa dia sendiri belum pernah mencoba untuk bicara dari hati ke hati dengan sang Ayah.

Raline Shah pernah mencoba untuk bicara lewat surat. Namun berujung surat itu dibakarnya.

"Aku nggak butuh itu (kirim suratnya), karena itu buatku, sebenarnya. Apa pun yang butuh aku sampaikan ke dia itu bukan buat dia. But I did try of course (bicara dengan ayah). Ayahku orang yang wonderful, tapi sedikit keras kepala. Tapi aku tahu dia mencintaiku," tutup Raline Shah.

Obrolan Raline Shah dengan Daniel Mananta itu terjadi di sebuah tempat di Bali. Di tempat itu, Raline Shah melakukan meditasi selama beberapa bulan. Selama di Bali, Raline Shah mengaku jadi lebih religius. Lewat guru spiritualnya itu juga dia lebih banyak belajar soal agama Islam.

Raline Shah juga mengaku belajar salat lagi. Dalam artian lebih memahami makna dari ritual yang sudah sejak kecil dia lakukan itu.

(aay/mau)