Seleb Pindah Agama

Deddy Corbuzier Mualaf, Sempat Disebut Alasan untuk Menikah

Prih Prawesti Febrian - detikHot
Sabtu, 10 Okt 2020 13:08 WIB
Artis
Deddy Corbuzier mualaf dikira untuk nikah. (Foto: dok. Channel YouTube Deddy Corbuzier)
Jakarta -

Dari sekian banyak seleb Indonesia yang menyita perhatian pada saat pindah agama adalah Deddy Corbuzier. Pada 2019 sang presenter yang juga menjadi content creator saat ini tersebut, memutuskan untuk menjadi mualaf.

Saat pindah agama, Deddy Corbuzier tidak melakukannya di Jakarta. Di Masjid Al Mbejaji adalah tempat Deddy Corbuzier mengucapkan dua kalimat syahadat.

Ternyata, Deddy Corbuzier sudah empat tahun mempelajari Islam. Ia pun mengaku menjadi mualaf bukan lantaran ingin menikah dengan Sabrina Chairunnisa.

Sebab saat itu, dirinya memang tengah menjalin hubungan dengan Sabrina. Banyak yang mengkait-kaitkan mualafnya Deddy Corbuzier tersebut adalah salah satu syarat agar bisa menikah dengan Sabrina.

"Yang pasti tidak pernah dipaksa sama siapa pun," tutur Deddy Corbuzier beberapa waktu lalu.

Pertanyaan mengenai perpindahan agama Deddy Corbuzier pun banyak ditanya terus oleh netizen. Salah satu yang juga menanyakan hal itu adalah Hotman Paris.

"Pertanyaannya apa faktor utama kau pindah agama karena dulu waktu istri sebelumnya apa kamu lebih cinta yang sekarang?" tanya Hotman Paris.

Menurutnya, ia cinta Sabrina dan dulu juga perasaannya sama dengan mantan istrinya, Kalina Oktarani.

"Ini pertanyaan yang bagus. Kalau bicara tentang cinta, saya mencintai dua-duanya pada saat yang berbeda. Cinta pada waktunya betul," jawab Deddy Corbuzier.

"Oke kalau saya bicara tentang hidayahnya, saya belum dapat kayaknya ngomong gitu ya. Cuma memang pada saat itu saya memang belum mendalami banget. Tapi dulu pada saat saya nikah pun, saya dekat sama Aa Gym. Jadi kalau Aa Gym lagi ada dakwah atau sebagainya saya datang ke sana," jelas Deddy Corbuzier.

Ayah dari Azka Corbuzier ini juga memberikan penjelasan soal dua faktor utama yang membuatnya saat ini mengubah keyakinannya. Hal itu dikarenakan faktor lingkungan dan soal pilihan hidupnya.

"Saya bisa jawabnya sederhana, pertama lingkungan saya 90 persen agamanya muslim. Dan lingkungan yang ada di saya itu muslim-muslim yang luar biasa, yang baik, yang jelek adalah oknum. Yang kedua, agama saya sebelumnya mungkin juga teman-teman juga sama, agama saya sebelumnya adalah agama yang diwariskan, bukan agama pilihan saya. Nah pada saat ini saya memilih bukan diwariskan," sambung Deddy Corbuzier lagi.

Deddy Corbuzier pun mengatakan ibunya sama sekali tidak mempermasalahkan agama yang dipilihnya saat ini.

"Kalau ibu saya tidak terlalu masalah. Yang masalah mungkin keluarga besar. Jadi kayak tantenya saya, ibu saya punya tante, punya adik, punya kakak, punya saudara yang mana gue kenal juga nggak gitu ya, itu mungkin buat mereka jadi masalah," jelas Deddy Corbuzier lagi.

Saat memutuskan menjadi mualaf, Deddy pun tidak bicara dengan keluarga besarnya. Karena ia tahu hal itu akan menjadi masalah besar.

"Tapi karena saya tidak tanya ke mereka dan mereka juga nggak berani ngomong ke saya, jadi akhirnya saya juga tidak dengar. Tapi saya tahu kalau itu akan menjadi sebuah masalah. Yang jadi masalah adalah mungkin ada oknum-oknum tokoh agama yang membuat itu jadi masalah," ucap Deddy.

(wes/mau)