Round Up

Para Artis Komentari UU Cipta Kerja

Tim detikcom - detikHot
Rabu, 07 Okt 2020 22:04 WIB
Amanda manopo
Foto: Palevi/detikHOT
Jakarta -

UU Cipta kerja menjadi topik hangat yang dibahas masyarakat di media sosial. Tidak terkecuali para artis yang ikut berkomentar terhadap keputusan pemerintah pada UU Cipta Kerja yang sudah disahkan DPR pada Senin (5/10 /2020).

Penolakan datang dari Nikita Mirzani yang terang-terangan menunjukkan pendiriannya lewat media sosial. Nikita Mirzani menyuarakan Mosi Tidak Percaya sebagai bentuk penolakan terhadap UU Cipta Kerja.

Berbarengan dengan itu, Nikita Mirzani pun mengomentari tindakan Puan Maharani yang mematikan mikrofon anggota DPR dari fraksi Partai Demokrat, Irwan, saat sidang paripurna pengesahan RUU Cipta Kerja awal pekan ini. Dia menyebut Puan Maharani jahil dan tidak adil.

"Kenapa ibu Puan Maharani matiin mikrofonnya? Kurang fair ketika orang sedang menyuarakan suaranya tapi tidak bisa didengar. Ibu Puan ini loh suka jail aja jarinya," tulis Niki dalam unggahan di Instagram-nya.

Nikita Mirzani saat ditemui di kawasan Trans TV.Nikita Mirzani saat ditemui di kawasan Trans TV. Foto: Palevi S/detikFoto

Senada dengan Nikita Mirzani, sosok Fitri Salhuteru yang merupakan sahabat sang artis juga memberikan pendapatnya. Fitri Salhuteru adalah seorang pebisnis yang mengaku tidak pernah mengacu pada UU Ketenagakerjaan dalam berbisnis. Tapi memilih berpedoman pada hati nuraninya dan menganggap para karyawan di perusahaannya sebagai keluarga.

"Sepantas apa saya memperlakukan mereka yang bekerja untuk perusahaan saya. Tentang hak cuti, hak upah dan hak lainnya, tentu saya berikan sebaik saya memperlakukan keluarga saya sendiri. Tanpa tenaga kerja, perusahaan tidak ada artinya. Jika tidak bisa memberikan yang terbaik buat tenaga kerjanya "jangan" mendirikan perusahaan," kata Fitri lagi.

Fitri SalhuteruFitri Salhuteru Foto: Instagram fitri_salhuteru

Penyanyi Melanie Subono pun tidak tinggal diam dan ikut menanggapi keputusan DPR RI terkait pengesahan UU Cipta Kerja. Dia menyebut bahwa dirinya merasa dikhianati dengan pengesahan UU tersebut.

"Sakit hati, kayak di khianatin habis habisan... Maaf gue lagi ga punya kata kata positif pagi ini... Semalam gue nangis sampe ketiduran abis di sahkan nya aturan penebalan kantong sepihak itu , mendadak lelaaaaah banget. I dont know, gw ngerasa ga ada guna lagi jadi rakyat kecuali buat suara kalo pemilu dan pajak gue buat bantu bayar utang... selain itu apalagi? Selamat tinggal Hutan, selamat tinggal pesangon dan kontrak, selamat tinggal masyarakat adat dan banyak lagi," tulisnya di Instagram.

[Gambas:Instagram]

Amanda Manopo sempat ikut menulis komentar soal UU Cipta kerja di Instagram pribadinya. Sayang unggahan itu telah dihapus. Namun banyak yang membagikan ulang apa yang ditulis oleh Amanda Manopo yang ternyata turut kecewa dengan apa yang dilakukan pemerintah.

"Di kondisi seperti ini, sangat di kecewakan. Padahal namanya dewan perwakilan rakyat, tapi rakyat bumi mana yang mereka wakili. Yang kaya semakin kaya, yang miskin semakin miskin," tulis Amanda Manopo.

Suara lain datang dari Krisdayanti, artis sekaligus Anggota Komisi IX DPR RI dari fraksi PDI Perjuangan. Mencoba menjelaskan soal UU Cipta kerja, Krisdayanti malah mendapat reaksi keras dari netizen.

"Pada akhirnya gagasan Omnibus Law diwujudkan pada RUU Cipta Kerja yang mempunyai tujuan untuk memudahkan penciptaan lapangan kerja, percepatan peningkatan investasi, dan peningkatan produktivitas," ungkap istri Raul Lemos itu.

KDKD Foto: instagram

Salah satu netizen pun menyemprot Krisdayanti dengan bilang: "NGURUS ANAK AJA BELUM BENAR APALAGI NGURUS RAKYAT, SAMA SUAMI AJA NGGAK SETIA APALAGI SAMA RAKYAT" tulis netizen.

Sementara Desta menulis sebuah cuitan yang samar-samar. Tidak terang-terangan menyebut UU Cipta Kerja yang banyak dibahas, namun cuitan Desta dinilai netizen merujuk pada Undang Undang tersebut sehingga dia pun mendapat bully-an dari warganet.

Sepanjang hari ini, sederet tagar memenuhi Twitter soal UU Cipta Kerja dan Mosi Tidak Percaya. Fans K-Pop hingga pemain Among Us turut meramaikan tagar agar tetap terlihat di trending topic dan bergaung.

(aay/mau)