Ruri Wantogia Rela Kotor Demi Bantu Korban Banjir Bandang di Sukabumi

Hanif Hawari - detikHot
Jumat, 25 Sep 2020 09:15 WIB
Ruri Repvblik
Foto: dok. Ruri 'Repvblik'
Jakarta -

Vokalis band Repvblik, Ruri Wantogia terketuk hatinya untuk membantu korban banjir bandang di wilayah Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Ia pun terjun langsung ke tempat kejadian perkara.

Ruri Wantogia, rela kotor-kotoran hanya untuk membantu membersihkan puing-puing bangunan yang hancur dan limbah yang mengotori wilayah sekitar. Hal itu terlihat di channel YouTube-nya yang berjudul 'Banjir Bandang Cicurug Sukabumi Renungan Untuk Kita Semua'.

"Yang pasti dalam kondisi seperti ini adanya musibah di Cicurug, Sukabumi yang sampai merenggut korban jiwa dan harta benda perlu dibantu. Apalagi, banjir ini menghancurkan rumah warga dan makan korban juga," kata pria yang akrab disapa Ruri Repvblik itu.

Ruri Repvblik memiliki alasan mengapa ingin terjun langsung ke lokasi bencana. Sebab ada beberapa poin penting yang ingin disampaikannya kepada masyarakat luas.

"Yang pertama buat motivasi diri sendiri, kalau gue pengen bantu orang-orang yang memang lagi membutuhkan dalam kondisi kayak gini ya kita harus tolong menolong," tutur Ruri Repvblik.

"Yang kedua yang pengen gue sampaikan ke teman-teman di medsos bahwa yang viral-viral itu, yang kayak gini yang harus dibantu diviralkan biar makin banyak orang yang membantu mereka gitu lo. Jadi nggak cuma pribadi tapi 'ayuk teman-teman yang lain bantu mereka yang sedang susah," tambahnya.

Jiwa sosial tersebut didapatkan Ruri Repvblik dari kedua orang tuanya. Sebelum sukses seperti sekarang, ia juga pernah merasakan kesusahan.

"Yang pasti didikan ortu gue dan memang dari kecil gue emang kayak gini suka ringan tangan buat orang yang lagi kesusahan. Gue susah pun emang gue pengen bantu orang yang butuh bantuan, nggak cuma gue pengen bikin konten, pengin di pandang orang, nggak kayak gitu. Mengalir begitu saja, ada yang jualan jajanan walau gue nggak begitu suka makanannya gue ingin beli biar tukang dagangnya seneng," ungkap Ruri Repvblik.

"Basic gue dari orang susah juga, terus gue nggak pernah lihat seseorang dari level ini dan itu, yang paling atas atau paling bawah gue nggak pernah melihat itu. Nggak pernah ragu buat bantu orang biar kelihatan dilihat orang, nggak seperti itu, ngalir aja biasa bantu orang yang butuh," lanjutnya.

Selain tenaga, Ruri Repvblik juga memberikan bantuan lain. Namun ia enggan menyebutkan hal tersebut.

"Nggak banyak sih tapi insyaallah bermanfaat buat yang lagi membutuhkan. Kalau bisa gue bantu tenaga ya, gue bantu apa aja yang bisa gue bantu tadi bareng teman-teman dari Basarnas, kepolisian, TNI dan para relawan. Tadi banyak ngobrol juga apa yang bisa gue bantu itu aja," imbuh Ruri Repvblik.



Simak Video "Jualan Es Kelapa Disebut Gimmick oleh Netizen, Ini Kata Ruri Repvblik"
[Gambas:Video 20detik]
(hnh/wes)