Perjuangan Alice Norin Lahirkan Anak ke-2, Pendarahan Parah hingga Masuk ICU

Asep Syaifullah - detikHot
Minggu, 13 Sep 2020 13:20 WIB
Alice Norin bersama putrinya, Alita
Foto: Instagram @alicenorin
Jakarta -

Dalam agama disebutkan untuk selalu menghormati seorang ibu. Mengingat betapa sulit dan beratnya bagi kaum perempuan untuk melewati proses melahirkan.

Hal serupa terjadi pada Alice Norin kala melahirkan putri keduanya, Alana, pada 9 September 2020. Semenjak hamil ternyata Alice dinyatakan mengalami kondisi langka yakni Placenta Previa Totalis Accreta yakni keadaan di mana pembuluh darah plasenta (ari-ari) tumbuh terlalu dalam di dinding rahim.

Kondisi tersebut langka ditemui dan dapat memberikan dampak bahaya bagi nyawa sang Ibu saat kehamilan dan melahirkan.

"Di awal kehamilan aku didiagnosis mengalami kondisi placenta previa yang mengharuskan aku untuk konsultasi dengan beberapa dokter ahli," tulisnya di instagram.

Hal itu pun sempat membuat Alice Norin tertekan. Apalagi saat salah seorang dokter mengatakan jika dirinya mungkin saja harus menjalani pengangkatan rahim.

"Selama kehamilan aku konsultasi sama para dokter yang bikin deg-degan, karena ada kemungkinan kondisi aku ini mengharuskan aku untuk angkat rahim dan aku belum 100% siap, karena kalau itu satu-satunya pilihan berarti aku nggak akan bisa haid dan hamil lagi," tulisnya.

Setelah melakukan konsultasi, Alice pun diberikan penjelasan jika saat proses melahirkan nanti dirinya akan mengalami pendarahan hebat dan memintanya untuk menyiapkan mental.

Hal tersebut pun terjadi bahkan ia sampai kehilangan 3 liter darah dan harus dirawat di ICU selama dua hari usai melahirkan sehingga tak bisa langsung bertemu dengan putrinya yang baru lahir itu.

"Alhamdulillah, proses kelahiran Alana sukses tanpa kurang apapun, tanpa perlu angkat rahim," kenangnya.

"Aku bersyukur sekali bisa melewati masa-masa kritis ini. Sekedar pengingat untuk teman-teman mommies yang mungkin sedang hamil, untuk selalu rutin cek kehamilan karena lebih baik mengantisipasi apa yang mungkin terjadi. Semoga sehat selalu dan terimakasih atas doa dan ucapan yang sudah diberikan!" pungkasnya.

(ass/aay)