Round-Up

Ajak ke Masjid Seoul, Ayana Moon Tanyakan Ibunda Soal Niat Jadi Mualaf

Tim detikHOT - detikHot
Minggu, 23 Agu 2020 22:00 WIB
Ayana Jihye Moon
Ayana Moon tanya soal niat mualaf ke ibunya. (Foto: Instagram @xolovelyayana)
Jakarta -

Ayana Moon mengunggah video baru di channel YouTube. Kali ini ia membuat konten yang ramai diperbincangkan.

Sebab, Ayana Jihye Moon mengajak Ibundanya ke Masjid Seoul. Selebritas cantik itu mengaku baru pertama kali mengajak sang ibunda ke Masjid Seoul (Seoul Central Masjid), yang merupakan masjid terbesar di Seoul yang terletak di kawasan multi-kultur Itaewon.

Ibunda Ayana Moon mencoba mengenakan hijab saat ke Masjid Seoul. Meski kemudian dilepas karena kondisi musim panas di sana membuatnya merasa kegerahan.

"Aku dan ibuku ada janji di dekat masjid. Aku baru sadar bahwa aku belum pernah mengajaknya ke masjid," ungkap Ayana di pembukaan vlog-nya seperti dilihat di YouTube Ayana Moon.

Ayana Moon dan sang ibunda sempat melihat-lihat di sekitar Masjid Seoul. Tampak juga Ibunda Ayana mengambil beberapa brosur berbahasa Korea yang dikhususkan untuk pengunjung yang diletakkan di bagian luar masjid. Sebagai pengalaman pertama, kunjungan ke Masjid Seoul ini menjadi pengalaman unik buat Ibunda Ayana.

"Pertama kali aku ke sini, atmosfernya seperti asing bagiku. Tidak begitu familiar, nuansanya eksotis. Apakah ini di Korea? Begitu yang aku rasakan. Kesan pertama aku suka. Aku merasa tenang," kata Ibunda Ayana.

Saat berkunjung ke Masjid Seoul, Ibunda Ayana Moon mengaku merasakan ketenangan. Ayana yang mendengar pun langsung tersenyum kecil.

"Aku merasa di dalam sebuah tempat yang stabil. Aku rasa sepertinya ini memang merupakan peran Masjid, di mana orang mencari ketenangan," katanya seperti dilihat di YouTube Ayana Moon pada Minggu (23/8/2020).

[Gambas:Instagram]

Ibunda Ayana Moon adalah orang asli Korea yang tidak memeluk agama apa pun. Ketika Ayana memutuskan untuk jadi mualaf, dia sempat marah dan tidak mengerti kenapa Ayana mengambil keputusan itu. Hal itu dijelaskan Ayana dalam video vlognya yang terdahulu.

Kini tampak ada perbedaan. Ibunda Ayana lebih terbuka dan memberikan dukungan kepada Ayana Moon.

"Waktu Ayana yang mualaf, Ayana terlihat mantap dengan keyakinannya memeluk kepercayaan ini. Aku sedikit takut karena Ayana memulai hal-hal yang sebelumnya aku tidak pernah tahu. Bagaimana orang-orang di Korea memandang hal ini, itulah yang aku pikirkan saat itu. Sekarang setiap aku bersama Ayana, sejauh ini sepertinya baik-baik saja kok. Lalu aku berpikir karena ini impian pribadi Ayana, aku perlu mendukungnya," katanya.

Kini adik laki-laki Ayana, Aydin, juga memutuskan untuk jadi mualaf. Sempat ada kekhawatiran di hati sang ibunda mengenai hal itu.

"Inilah perbedaan dengan saat Aydin menjadi mualaf. Dia harus berhati-hati apakah dia sudah benar-benar yakin di dalam dirinya untuk mualaf. Apakah dia mampu menjalankan agama ini sejauh Ayana? Itu sih kekhawatiranku. Aydin juga masih muda, meski kekhawatiranku banyak, aku percaya pada Ayana," katanya.

Lalu Ayana Moon bilang bahwa dia ingin lebih sering mengajak ibundanya ke Masjid Seoul. Selain itu, Ayana juga mengajukan pertanyaan yang kerap diajukan oleh netizen soal keinginan ibundanya untuk ikut jadi mualaf.

Lantas bagaimana jawaban Ibunda Ayana?

"Sepertinya sih belum ada (keinginan untuk jadi mualaf)," jawabnya sambil tertawa.



Simak Video "Belajar Islam, DJ Katty Butterfly Terkendala Bahasa"
[Gambas:Video 20detik]
(mau/aay)