Transgender, Oscar Lawalata Pilih Disapa Lewat Nama

Tim detikcom - detikHot
Minggu, 16 Agu 2020 21:31 WIB
Oscar Lawalata transgender
Oscar Lawalata / Foto: YouTube
Jakarta -

Sejak kecil, Oscar Lawalata merasa dirinya sudah berbeda. Lahir secara fisik sebagai laki-laki, Oscar Lawalata merasa dirinya juga seorang perempuan.

Ada kekhawatiran yang dirasakan orang tuanya, Reggy Lawalata dan sang adik, Mario Lawalata. Mereka khawatir keputusan Oscar Lawalata akan drastis berpenampilan berani dari penampilannya sebelumnya.

"Aku bilang gini, 'Mam, Iyo (Mario) aku bilang gitu. Kalian sadar nggak, selama ini orang udah lihat aku pun juga perempuan," tutur Oscar Lawalata di channel The Lawalatas.

Sejak dulu ia senang berpakaian seperti perempuan kemanapun ia pergi. Tak sedikit yang memanggilnya dengan sapaan terhadap perempuan seperti 'Mbak' atau 'Bu'.

"And i'm ok (dipanggil seperti itu," tutur Oscar Lawalata lagi.

Perihal soal sapaan yang diterimanya kala berada di tempat umum, Oscar Lawalata tak membatasi atau menginginkan dirinya disapa dengan sebutan khusus dari salah satu gender.

"Kita kan nggak bisa batasin pemikiran orang. Selama dia tidak menghina. Kalau dia melihat saya perempuan saya nggak apa-apa. Dia melihat saya laki-laki nggak apa-apa juga, gitu," tuturnya lagi.

Namun jika diberi pilihan, Oscar Lawalata memiliki keinginan dirinya bisa disapa tanpa harus memakai label perempuan atau laki-laki seperti Mbak atau Mas.

"Kalau tanya prefer memanggil saya apa, panggil saya nama aja, atau panggil saya Kak," tukas Oscar Lawalata.

Pengakuan ini sempat disambut kaget oleh sang ibu, Reggy Lawalata. Reggy mengungkapkan awalnya ia juga tak dapat menerima begitu saja soal pribadi Oscar yang memiliki sisi feminin.

Sempat menyanggah insting tentang Oscar yang berbeda, Reggy Lawalata akhirnya menerima. Ia mengatakan, putranya bagaimana pun membutuhkan dukungan dari lingkar terdekatnya salah satunya orang tua.

"Jangan dipikir mereka nggak galau lo. Bukan hanya kita yang melihat begini. Mereka jauh beribu-ribu kali galaunya, bisa mereka nangis sendiri, apa sendiri. Saya nggak tahu, cuma Oscar saja nggak bercerita, tapi saya yakin dia penuh dengan air mata," ungkap Reggy Lawalata beberapa waktu lalu.



Simak Video "Jadi Transgender, Oscar Lawalata Sudah Operasi Kelamin?"
[Gambas:Video 20detik]
(doc/doc)